Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Belajar Fotografi Yuukkk

Diterbitkan :

UU No. 20 Tahun 2003 menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar Peserta Didik mengembangkan potensi dirinya untuk mewakili kegiatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, bangsa dan negara. Menurut Carter V Good (1977), pendidikan merupakan proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlalu dalam masyaratnya, sehingga Peserta Didik dapat mengembangkan kepribadiannya melalui proses sosial.

Pada umumnya, proses pembelajaran di sekolah hanya berjalan satu arah, yaitu berupa ceramah yang diberikan Guru kepada Peserta Didik tanpa adanya hubungan timbal balik antara Guru dengan Peserta Didik sehingga dalam kesehariannya Peserta Didik hanya belajar tanpa berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan menarik, Guru sangat perlu melakukan suatu strategi pembelajaran yang tepat dan dapat menghasilkan interaksi antara Guru, Peserta Didik, dan lingkungan sekitarnya. Dan, salah satu tujuan pembelajaran yang akan dicapai adalah dapat menanamkan rasa cinta kepada tanah air.

Cinta tanah air yang tercermin dari perilaku Peserta Didik diantaranya adalah membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada di negaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungannya. Oleh karena itu, rasa cinta tanah air perlu ditumbuh kembangkan dalam jiwa setiap individu Peserta Didik sejak usia dini melalui proses pendidikan di sekolah dan masyarakat.

Untuk menanamkan rasa cinta kepada negeri melalui lingkungan sekolah, Penulis dalam proses pembelajaran mengajak Peserta Didik untuk belajar tentang fotografi. Fotografi merupakan kegiatan menggambar atau menulis menggunakan cahaya. Karena hasilnya yang berupa benda visual, dapat dikatakan pula bahwa fotografi merupakan salah satu alat komunikasi efektif yang digunakan oleh seorang fotografer kepada para penerima pesan dengan memperhatikan aspek keindahan.

Jenis-Jenis Fotografi yang Paling Populer

  • Food Photography
  • Landscape Photography
  • Potrait Photography.
  • Fashion Photography.
Empat Teknik Dasar Fotografi
  • Composition/Angle (sudut pandang)
  • Deph of Field (ketajaman)
  • Exposure (pencahayaan)
  • Focus (fokus)
Tujuan dengan mempelajari fotografi tersebut di atas adalah sebagai salah satu strategi pembelajaran agar Peserta Didik bisa mulai belajar untuk merawat fasilitas sekolah, menjaga kebersihan dan kerindangan lingkungan sekolah, tidak membuang sampah sembarangan di lingkungan sekolah, dan sebagainya untuk mewujudkan sikap mencinta negeri ini melalui lingkungan sekolah yang menjadi kebanggaan Peserta Didik. Dan, salah satu hasil karya Peserta Didik yang luar biasa dapat dinikmati pada foto tersebut di atas. SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia

Penulis: Aris Guntoro, S.Pd., Guru Mapel Seni Budaya

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Alvian bagas susilo
Rabu, 23 Nov 2022

Asik saat mengajar

Balas
ARDHI GHOMMA ANHAR MUHAMMAD
Rabu, 23 Nov 2022

Sangat baguss sistem pembelajaraanya apa lagi tentang fotografi👍

Balas

Beri Komentar