Info Sekolah
Jumat, 26 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Belajar Digital Marketing sebagai Strategi Branding Sekolah

Diterbitkan :

Selasa 13 September 2022, saya berkesempatan belajar digital marketing bersama Bapak Sarna Setiaji dari Inovindo Digital Media. Kenapa harus belajar digital marketing? Karena pertumbuhan pengguna sosial media di Indonesia sangat tinggi. Beragam sosial media populer seperti instagram, facebook, tiktok, youtube, twitter, whatsapp business, dan google bisa menjadi sarana penjualan dan pengembangan produk serta mampu membentuk personal branding bagi kita.

Hal pertama yang perlu dipahami adalah pengertian dari digital marketing itu sendiri. Digital marketing adalah usaha pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital serta jaringan internet. Jika pada zaman dahulu medium yang digunakan untuk melakukan pemasaran bergantung pada selembar flyer ataupun baliho, kini kita bisa dengan mudah memanfaatkan platform yang terdapat di gawai pintar untuk melakukan pemasaran digital.

Untuk alasannya sendiri, mengapa sih kita harus menggunakan strategi digital marketing untuk mengembangkan bisnis yang dijalani? Berikut beberapa alasan yang bisa kamu dapatkan: (1) Digital marketing dapat diterapkan untuk semua jenis bisnis, (2) Mampu meningkatkan jumlah pendapatan dengan efektif, (3) Dapat menjangkau target pasar atau konsumen yang lebih spesifik, (4) Semua gadget bisa dipakai untuk menjalankan digital marketing, dan (5) Mampu membantu membangun brand bisnis yang dimiliki

Strategi yang dapat diimplementasikan dalam pemasaran digital sangatlah beragam. Untuk mencapai target yang maksimal, pastikan terlebih dahulu bahwasannya strategi digital marketing yang kamu pilih adalah strategi yang tepat mulai dari segi budgeting hingga sumber daya dalam pengaplikasiannya.

Berikut Macam-macam strategi digital marketing yang bisa kita coba

  • Google My Business (GMB)
  • Whatsapp for Business
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Email Marketing
  • Copywriting
  • Social Media Marketing

Harapannya, digital marketing bisa dimasukan ke dalam Mata Pelajaran Pilihan di fase F kurikulum merdeka SMK Negeri 10 Semarang, sehingga mampu menjadi wadah bagi siswa SMK  Negeri 10 Semarang untuk berwirausaha dalam bentuk jasa pembuatan Landing Page, Admin Sosial Media, serta kesempatan freelance lain di bidang Digital Marketing.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Sonalita Wiguna, S.Pd., Guru Mapel Produktif RPL

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Salam
Jumat, 28 Okt 2022

Terima kasih atas informasinya perihal mempelajari digital marketing. Meningkatkan strategi yang baik dan tepat sangat dibutuhkan untuk tiap bisnis agar terciptanya bisnis yang baik. Selain itu, Jasa Buat Logo juga buat kartu nama dapat membantu memasarkan branding bisnis tiap pebisnis.

Balas

Beri Komentar