Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Belajar Anti Bosan Melalui Metode Snowball Throwing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Diterbitkan :

Di era modernisasi saat ini diperlukan adanya pembaruan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dibutuhkan inovasi belajar untuk menciptakan kelas yang menyenangkan dan bermakna bagi Peserta Didik. Inovasi dalam pembelajaran dilakukan guna meningkatkan motivasi belajar Peserta Didik  sehingga bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru dapat menerapkan metode pembelajaran untuk mengimplementasikan rencana pembelajaran. Metode pembelajaran adalah cara yang dilakukan Guru kepada Peserta Didiknya untuk berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran.

Salah satu metode pembelajaran yang dapat dilakukan oleh Guru yakni metode pembelajaran Snowball Throwing. Snowball Throwing atau melempar bola salju merupakan salah satu metode pembelajaran active learning bagi Peserta Didik. Metode belajar ini bertujuan untuk menggali keterampilan dan sikap kepemimpinan Peserta Didik. Snowball Throwing dilakukan dengan Guru yang memberikan instruksi bagi setiap Peserta Didik untuk membuat sebuah pertanyaan terkait materi yang disampaikan pada selembar kertas. Selanjutnya Guru menginstruksikan agar kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibentuk menyerupai bola salju. Ketika bola kertas sudah terbentuk Peserta Didik saling melemparkan kepada teman yang lain. Peserta Didik yang mendapatkan bola kertas tersebut harus menjawab pertanyaan yang ada di dalamnya. Setelah kegiatan Snowball Throwing maka dilakukan evaluasi bersama antara Guru dan Peserta Didik.

Melalui metode pembelajaran Snowball Throwing Peserta Didik mendapatkan pengalaman berbahasa meliputi aspek menulis, membaca, menyimak, dan berbicara. Keterampilan menulis Peserta Didik diwujudkan dalam kegiatan menulis pertanyaan. Hal tersebut juga mendorong kreativitas Peserta Didik dan kemampuan berpikir kritis dalam membuat pertanyaan. Peserta Didik yang mendapatkan bola kertas membaca dan menjawab pertanyaan yang ada didalamnya. Ketika seorang Peserta Didik tengah menjawab pertanyaan yang diajukan, teman-teman yang lain menyimak jawaban yang disampaikan. Snowball Throwing memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi Peserta Didik karena melatih sikap kepemimpinan, kemampuan komunikasi,  dan sebagai kegiatan refreshing agar Peserta Didik rileks dalam pembelajaran.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Nurul Sholehah, S.S., Guru PPG Prajabatan Mapel Bahasa Indonesia

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Jumat, 5 Mei 2023

Pembelajaran dengan cara interaktif dengan siswa bisa meningkatkan semangat dan mengasah memory otak.
Setuju

Balas

Beri Komentar