Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Workshop Reskilling Upskilling GTK SMK Selaras dengan Dunia Kerja Hari Kedua

Diterbitkan : - Kategori : Berita / SMK PK

Semarang, 12 Oktober 2023 – SMK Negeri 10 Semarang terus berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas tenaga kependidikan melalui program workshop. Kegiatan yang bertema “Workshop  Reskilling Upskilling Peningkatan Kompetensi Guru dan Tendik SMK Selaras dengan Dunia Kerja” dilaksanakan di Ruang Baita Adiguna SMK Negeri 10 Semarang. Kegiatan diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 11 s.d. 13 Oktober 2023. Peserta meliputi 2 (dua) sekolah SMK Swasta di Semarang dan tuan rumah, dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang.

Tujuan dari kegiatan ini adalah; (1) peningkatan kualitas pengajaran  dan memperbarui pengetahuan dan keterampilan pendidik yang lebih efektif, berkualitas, dan memahami metode maupun kurikulum terbaru; (2) adaptasi terhadap teknologi; (3) peningkatan keterampilan khusus; (3) peningkatan pemahaman tentang pembelajaran diferensiasi; (4) mengatasi perubahan sosial dan teknologi; dan (5) menghadapi tantangan pendidikan masa depan. Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Kepala SMK Negeri 10 Semarang, Ardan Sirojuddin, S.Pd., M.Pd., menegaskan bahwa kegiatan workshop dilaksanakan dalam kerangka penguatan SMK Negeri 10 Semarang sebagai Sekolah Pusat Keunggulan dengan cara menggandeng kelas industri.

Pada hari ke-2, 12 Oktober 2023, telah menghadirkan nara sumber dari Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BBPPMPV KPTK) Gowa, Makassar, Novi Nurlaela, S.Kom., M.T., dengan materi Penguatan Pembelajaran dan Projek Base Learning (PjBL). Esensi materi yang disampaikan meliputi (1) regulasi IKM; (2) Capaian Pembelajaran (CP); (3) Tujuan Pembelajaran (TP); (4) Alur Tujuan Pembelajaran (ATP); (5) Modul Ajar (MA); (6) Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA); dan (7) Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan fitur-fiturnya. Semua dikupas secara teknis, sistematis, jelas dan tuntas terkait persiapan dan pelaksanaan SMK PK di SMK Negeri 10 Semarang.

Sebagai hasil dari workshop, para peserta yang terdiri dari guru-guru kejuruan (terutama RPL) dan sebagian guru umum –yang dalam kurikulum 2013 sebagai guru normatif adaptif–, untuk berdiskusi, merumuskan dan mengumpulkan 1 (satu) dokumen terkait pelaksanaan SMK PK di SMK Negeri 10 Semarang. Dokumen yang telah diselaraskan dengan Panduan Pembelajaran dan Asesmen IKM, dipresentasikan oleh Ketua PK Konsentrasi Keahlian RPL (sekaligus Ketua Program Keahlian PPLG), Sonalita Wiguna, S.Pd.  di hadapan peserta. Dokumen yang telah mendapatkan revisi dari Narasumber dan peserta, akhirnya ditetapkan sebagai pedoman dalam pembuatan modul ajar SMK PK Konsentrasi Keahlian RPL di Fase F  yang terdiri atas 4 elemen, 17 tujuan pembelajaran, dan 1.044 jam pelajaran.

Penulis : Janto, S.Pd, Guru SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar