Info Sekolah
Selasa, 05 Des 2023
  • SMKN 10 Semarang lolos sebagai SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023

SMKN 10 Semarang Menggelar Pelatihan Online Pemanfaatan AI untuk Guru dan Kepala Sekolah

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Narasumber

SMKN 10 Semarang, bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Guru dan didukung oleh Nexa, telah sukses melaksanakan Pelatihan Online Pemanfaatan AI untuk Guru dan Kepala Sekolah pada hari Sabtu, 23 September 2023. Acara ini merupakan langkah maju dalam memperkenalkan teknologi ke dalam dunia pendidikan.

Pelatihan ini dihadiri oleh 23 guru dari berbagai jenjang pendidikan dan berbagai kota di Jawa Tengah. Mereka bersama-sama menjalani pelatihan yang berlangsung lancar dari pukul 09.00 hingga 11.15 WIB. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam konteks pendidikan.

Narasumber utama dalam pelatihan ini adalah Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam pemanfaatan AI dalam pendidikan. Selama pelatihan, para peserta tidak hanya mendengarkan teori, tetapi juga terlibat dalam praktek langsung dalam menggunakan AI dalam pembelajaran mereka.

Salah satu peserta, Bapak Najmudin dari SMK Penda 2 Karanganyar, menyatakan antusiasmenya terhadap kegiatan ini. Dia mengungkapkan, “Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pengajar. Membuat kami lebih memahami pemanfaatan AI dalam dunia pendidikan. Semoga akan ada lebih banyak alat AI yang dapat dipelajari dan bermanfaat bagi kami pendidik. Jadi bisa kami terapkan di sekolah kami. Terima kasih, Pak Ardan, atas ilmunya, semoga ada kelanjutan Part 2, part 3, dan seterusnya untuk pelatihan seperti ini.”

Pendapat serupa juga datang dari Ibu Dyah Indi Hidayati dari SDN Gebangsari 01. Dia mengatakan, “Menurut saya sangat menarik dan memudahkan guru ketika kita membuat RPP. Yang selama ini kita hanya download terus cetak, dengan AI ini kita sekarang benar-benar dimudahkan. Jika besok ada lagi, kami akan ikut, Pak Ardan.”

Ibu Asih Purwaningsih dari SMKN 1 Semarang mengapresiasi pelatihan ini dan mengatakan, “Pelatihan ini sangat menambah wawasan dan membantu saya sebagai guru dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran, serta dapat meningkatkan kreativitas saya dalam menciptakan teknik-teknik pembelajaran yang berbeda dari yang biasanya saya lakukan, dan lebih menyenangkan.”

Meskipun jauh dari Kota Bumiayu, Kabupaten Brebes, Ibu Riyana, seorang guru dari SMAN 1 Bumiayu, juga memberikan tanggapan positif terhadap pelatihan ini. “Pelatihan ini luar biasa, menambah ilmu dan wawasan kita tentang beberapa alat yang dapat digunakan untuk membantu kita menyelesaikan pekerjaan sesuai kebutuhan. Sukses selalu, Pak Ardan, terus bergerak dan menggerakkan.” ucapnya.

Pelatihan ini mencerminkan pentingnya penggunaan teknologi dalam pengembangan pendidikan di era digital saat ini, dan SMKN 10 Semarang bersama mitra pelatihannya berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi dalam dunia pendidikan.

Penulis : Humas SMKN 10 Semarang

Didukung oleh NEXA

Artikel ini memiliki

5 Komentar

Irma Shofiana
Sabtu, 23 Sep 2023

Pelatihan yang sangat bermanfaat bagi guru di era digital dan mempermudah dalam pembelajaran
Semoga pelatihan seperti ini akan terus berlanjut

Balas
Nur Hidayah
Sabtu, 23 Sep 2023

Pelatihan yg sangat menarik membantu guru lebih mudah dalam mempersiapkan media ..materi pembelajaran.. semoga ada lagi part2

Balas
Wibowo
Sabtu, 23 Sep 2023

Pelatihan ini sangat membantu kami para guru untuk mengembangkan diri terkait tugas kami sebagai guru

Balas
alan
Selasa, 26 Sep 2023

Pelatihan yang sangat bermanfaat bagi guru di era digital dan mempermudah dalam pembelajaran
Semoga pelatihan seperti ini akan terus berlanjut

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Sabtu, 30 Sep 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar