Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

SMKN 10 Semarang Loloskan Dua Tim dalam Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2024

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Prestasi

SEMARANG-Tim SMKN 10 Semarang berhasil meloloskan dua tim dalam lomba Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMA/MA dan SMK tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Pengumuman dilaksanakan pada hari Senin, 08 Juli 2024 melalui laman resmi Pusprenas Kemendikbud. (Silahkan klik disini). Prestasi ini merupakan bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras seluruh siswa serta dukungan penuh dari para pembimbing dan pihak sekolah.

Program FIKSI memiliki tujuan mulia untuk menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan di kalangan peserta didik menengah. Melalui program ini, para siswa diharapkan mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi kearifan lokal. Dengan demikian, mereka bisa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan ekonomi lokal dan nasional. FIKSI menyediakan wadah yang ideal bagi para peserta untuk mengembangkan gagasan kreatif dan inovatif yang dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Selama mengikuti rangkaian program FIKSI, para peserta diajak untuk mengasah berbagai kemampuan soft skill yang sangat penting bagi lulusan SMA/MA dan SMK. Kemampuan ini mencakup berkomunikasi secara efektif, berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berinteraksi dengan baik. Selain itu, program ini juga membantu mereka untuk memiliki karakter yang tangguh, mandiri, bertanggung jawab, kreatif, serta mampu bekerja sama dengan orang lain dan berjiwa wirausaha.

Tidak hanya itu, melalui FIKSI, para peserta juga diberikan pemahaman mendalam mengenai pilar-pilar keberlanjutan (Sustainability) yang meliputi People, Planet, Prosperity, Peace, & Partnership. Pilar-pilar ini kemudian diimplementasikan ke dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) 2030. Dengan demikian, para siswa tidak hanya belajar untuk menjadi wirausahawan yang sukses, tetapi juga bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK melombakan berbagai bidang yang menarik, antara lain: (1) Agribisnis, Agroteknologi dan Kemaritiman yang menekankan pada penambahan nilai dari bahan baku dalam pemanfaatannya menjadi produk turunan yang lebih berdaya saing, baik dalam aspek produksi, maupun teknologi pasca panen, (2) Kesehatan dan Wirausaha Sosial yang bertujuan meningkatkan ketahanan kesehatan makhluk hidup dan menyelesaikan permasalahan sosial, (3) Pariwisata dan Kuliner yang menghasilkan berbagai jasa dan barang yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pelaku perjalanan wisata, (4) Industri Kreatif yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu maupun kelompok untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut, dan (5) Teknologi Digital yang memanfaatkan perangkat komputasi berbasis digital dan perangkat jaringan dalam beroperasi.

Keberhasilan lolos tahap pertama FIKSI ini disambut dengan gembira oleh Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd. “Hasil ini menunjukkan bahwa SMKN 10 Semarang telah berubah menjadi sekolah yang penuh dengan talenta berbakat. Saat ini, siswa SMKN 10 Semarang tidak kalah dengan siswa dari sekolah lain dan bahkan menunjukkan prestasi yang luar biasa,” ujar Pak Ardan.

Kelolosan tahap pertama lomba FIKSI ini tentu tidak lepas dari kerja keras dua pembimbing utama, yaitu Ibu Hikma Nurul Izza, S.Pd, dan Ibu Husna Amalana, M.Pd. Lewat bimbingan mereka, para siswa mampu menghasilkan karya inovasi wirausaha yang luar biasa. Dengan tangan dingin dan pengalaman mereka, para siswa diarahkan untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif dan mengembangkan produk yang inovatif dan berdaya saing tinggi.

Dengan lolosnya dua tim dari SMKN 10 Semarang ke tahap berikutnya dalam lomba FIKSI, diharapkan para siswa dapat terus mengembangkan potensi mereka dan membawa nama baik sekolah di kancah nasional. Keberhasilan ini juga diharapkan dapat menginspirasi siswa lain untuk terus berinovasi dan berprestasi. Mari kita dukung bersama perjalanan mereka menuju kesuksesan dalam Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia tahun ini.

Penulis : Anni Rahayuningsih, S.Hum, Kepala Perpustakaan SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

8 Komentar

Hikma Nurul Izza
Selasa, 9 Jul 2024

Terimakasih supportnya pak Ardan ๐Ÿ™

Balas
Digna Palupi
Selasa, 9 Jul 2024

Semangat berinovasi dan berprestasi. SMKN 10 Semarang semakin jaya. Semoga mencapai hasil terbaik dalam Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa.๐Ÿ‘

Balas
Beny Legowo
Selasa, 9 Jul 2024

Jaya selalu untuk anak anak SMKN 10 Semarang

Balas
Husna
Rabu, 10 Jul 2024

Semoga beruntung semuanya lolos sampai final aamiin…๐Ÿคฒ

Balas
Arimurti Asmoro
Rabu, 10 Jul 2024

Pendidikan vokasi SMKN 10 Semarang, tidak hanya terampil dalam skill, tetapi juga kreatif dan inovatif dalam wirausaha…salut

Balas
Dra.Warni
Rabu, 10 Jul 2024

Semoga meraih kemenangan untuk SMK N 10 Semarang

Balas
Suparman, S.Pd
Rabu, 10 Jul 2024

Semangat juara๐Ÿ‘

Balas
Johan h
Kamis, 11 Jul 2024

SMKN 10 Semarang unggul dan kaya๐Ÿ‘

Balas

Beri Komentar