Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

SMKN 10 Semarang Ikuti Bimtek SMK Pusat Keunggulan Skema Reguler Lanjutan 2024

Diterbitkan : - Kategori : Berita / SMK PK

Semarang – SMKN 10 Semarang menjadi salah satu sekolah yang mendapatkan bantuan program SMK Pusat Keunggulan (PK) Skema Reguler Lanjutan tahun 2024. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas pendidik dan tenaga kependidikan, serta mempersiapkan siswa untuk pemagangan ke luar negeri.

Untuk mengimplementasikan program ini, Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) secara daring pada tanggal 28 Februari s.d. 2 Maret 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 300 sekolah yang mendapatkan bantuan PK Reguler Lanjutan, termasuk SMKN 10 Semarang.

Pada hari Kamis, 29 Februari 2024, SMKN 10 Semarang mengikuti bimtek yang dimulai pukul 09.00 sampai dengan 18.00 WIB. Dalam bimtek ini, fasilitator menjelaskan apa saja kegiatan yang harus dilakukan oleh sekolah dalam program PK Reguler Lanjutan, seperti penyusunan Rencana Anggaran Belanja (RAB), kerjasama dengan Stakeholder atau Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), persiapan pemagangan ke luar negeri, dan pemaparan kerja.

Salah satu hal yang menarik dari program ini adalah kesempatan bagi siswa kelas XII untuk magang ke luar negeri. SMKN 10 Semarang sudah memiliki kerjasama dengan LPK Aishiro Gakuen yang berlokasi di Jepang dan sudah mendapatkan sertifikasi dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Minimal peserta yang bisa mengikuti program ini adalah 10 siswa. Anggaran yang diberikan oleh pemerintah harus digunakan maksimal 7 hari setelah dana cair. Kepala sekolah juga harus memberikan pemaparan kerja pada bulan Juli dan Oktober 2024. Batas akhir program ini adalah 30 November 2024.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd, menekankan pentingnya bimtek ini bagi sekolahnya. Ia mengatakan bahwa program PK Reguler Lanjutan adalah kesempatan emas untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dan membuka peluang bagi siswa untuk berkarir di luar negeri. Untuk itu, ia meminta Pokja PK SMKN 10 Semarang untuk menyimak dengan serius dan menyiapkan RAB dalam waktu dekat.

“Program ini sangat bermanfaat bagi sekolah kami. Kami berharap bisa melaksanakannya dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan. Kami juga berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan ini. Kami siap bekerja sama dengan semua pihak yang terkait untuk mensukseskan program ini,” ujar Bapak Ardan.

Penulis : Andhika Wildan Krisnamurti, M.Pd, Pokja PK SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar