Info Sekolah
Jumat, 21 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

SMKN 10 Semarang Gelar FGD Pengembangan Kerjasama Dengan Industri Dalam Teaching Factory

Diterbitkan : - Kategori : Berita / SMK PK

Semarang, 1 Desember 2023 – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 Semarang menggelar Focus Group Discussion (FGD) mengenai Pengembangan Kerjasama Dengan Industri Dalam Teaching Factory pada hari Kamis, 30 November 2023. Acara yang berlangsung di Ruang Baita Adiguna SMKN 10 Semarang ini mengundang tiga narasumber berkompeten dari berbagai latar belakang.

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 peserta dari internal SMKN 10 Semarang dan sekolah-sekolah di sekitar Kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Tiga narasumber yang diundang dalam FGD ini berasal dari Universitas Bina Sarana Informatika, PT. Kampus Media Digital Jakarta, dan PT. Telkom Indonesia Jakarta.

Narasumber pertama, Ibu Ina Maryani, M.Kom, dari Universitas Bina Sarana Informatika, membahas mengenai konsep Teaching Factory (Tefa). Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa Tefa merupakan model pembelajaran yang mengoptimalkan kurikulum, sumber daya, dan sumber daya manusia di SMK. Tujuannya adalah menyelaraskan proses produksi dan standar di dunia kerja guna menghasilkan lulusan SMK yang dilengkapi dengan soft skill dan hard skill sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Lebih lanjut, Ibu Ina Maryani menjelaskan bahwa Tefa dibagi menjadi tiga kategori, yakni Tefa berbasis pemenuhan kebutuhan peserta didik, Tefa berbasis pemenuhan kebutuhan masyarakat, dan Tefa berbasis kemitraan dengan dunia kerja.

Dua narasumber dari industri, PT. Kampus Media Digital Jakarta dan PT. Telkom Indonesia Jakarta, turut hadir dalam kegiatan ini. Kedua narasumber ini memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep kelas industri dan penerapannya dalam pembelajaran di sekolah.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, menyampaikan keberhasilan SMKN 10 Semarang dalam lolos Seleksi Sekolah Menengah Kejuruan Praktik Kerja (SMK PK) tahun lalu. “Tahun kemarin, SMKN 10 Semarang berhasil lolos SMK PK dengan usaha kami sendiri untuk mencari industri. Atas keberhasilan ini, kami berbagi strategi dengan sekolah lain yang belum melalui SMK PK agar mereka juga dapat lolos pada tahun 2024,” ungkap Bapak Ardan Sirodjuddin.

Acara FGD ini sebagai bagian dari pengimbasan SMK Pusat Keunggulan kepada sekolah lain yang belum berhasil lolos SMK PK.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Ketua Pokja PK SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas
Mohammad Yunan Setyawan, S.Pd
Jumat, 1 Des 2023

Alhamdulillah SMKN 10 Semarang memperkuat kerjasama dengan DUDIKA Baru dan Juga Universitas

Balas
Digna Palupi
Senin, 4 Des 2023

Sip mantap.👍👍

Balas

Beri Komentar