Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

SMKN 10 Semarang Bersinergi untuk Pemberdayaan Difabel

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Swasta

SEMARANG-SMKN 10 Semarang kembali menunjukkan komitmennya dalam berbagi dengan berbagai komunitas. Kali ini, sekolah ini menjalin kerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Kota Semarang serta Komunitas Sahabat Difabel. Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan meningkatkan keahlian peserta guna mendorong terciptanya lapangan kerja bagi penyandang disabilitas.

Dari hasil survei, diketahui bahwa perusahaan masih mengalami kesulitan dalam menemukan tenaga kerja difabel yang sesuai dengan kebutuhan produksi. Padahal, menurut Kepala BBPVP Semarang, Heru Wibowo, perusahaan memiliki kewajiban untuk merekrut minimal satu persen penyandang disabilitas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kondisi ini memotivasi Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) untuk memberikan Tailor Made Training (TMT), yaitu pelatihan komputer berbasis kompetensi basic office. Pelatihan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja bagi kalangan difabel.

Pelatihan ini resmi dibuka oleh  Plt. Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat Kota Semarang, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinsos Kota Semarang, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I. Selain itu, turut hadir Pengawas Pembina SMKN 10 Semarang, Ketua Komite SMKN 10 Semarang, serta perwakilan dari berbagai komunitas seperti Komunitas Sahabat Difabel, Bina Sahabat Disabilitas, Pelita Hidup, dan Komunitas Kinarsih.

Pelatihan ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMKN 10 yang berlokasi di Jalan Kokrosono No. 75, Kota Semarang, pada hari Rabu, 19 Juni 2024. Kegiatan ini akan berlangsung selama satu bulan, dari 19 Juni hingga 16 Juli 2024, dan diikuti oleh 16 peserta.

Founder dan Inisiator Roemah Difabel, Noviana Dibyantari, menjelaskan bahwa pelatihan komputer berbasis kompetensi basic office ini bertujuan agar para difabel memiliki sertifikat kompetensi yang diakui. “Setelah belajar komputer, mereka akan mendapatkan sertifikat. Ini memberikan nilai tambah ketika mereka mencari pekerjaan, karena sertifikat tersebut menjadi bukti kompetensi yang dimiliki,” ujarnya.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd., menyambut baik pelatihan ini. “SMKN 10 Semarang selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan Roemah Difabel. Kami menyediakan fasilitas sekolah untuk mendukung kegiatan positif seperti ini,” katanya.

Dengan adanya program pelatihan ini, diharapkan penyandang disabilitas dapat lebih siap memasuki dunia kerja dan memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh industri. Pelatihan komputer berbasis kompetensi basic office ini merupakan langkah konkret dalam upaya meningkatkan daya saing dan kemandirian kaum difabel. Selain itu, inisiatif ini juga merupakan bukti nyata dari komitmen SMKN 10 Semarang dalam mendukung pemberdayaan komunitas difabel dan menciptakan masyarakat yang inklusif.

Kolaborasi antara SMKN 10 Semarang, BBPVP Kota Semarang, dan berbagai komunitas ini tidak hanya memberikan pelatihan keterampilan, tetapi juga membuka peluang baru bagi penyandang disabilitas untuk mengembangkan potensi mereka. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan memberikan manfaat nyata bagi seluruh peserta.

Mari kita terus mendukung upaya-upaya pemberdayaan seperti ini agar semua lapisan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas, dapat merasakan manfaatnya dan berkontribusi secara aktif dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

Penulis : Andhika Wildan Krisnamurti, M.Pd, Waka Sarana Prasarana dan Ketenagaan SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

19 Komentar

Mohammad Yunan Setyawan
Kamis, 20 Jun 2024

SMK N 10 Semarang semakin membawa kebermanfaatan 👍

Balas
Dra.Warni
Kamis, 20 Jun 2024

Semoga bernanfaat9

Balas
Suparman, S.Pd
Kamis, 20 Jun 2024

Berrbagi ilmu pengetahuan

Balas
Verry Wijaya
Kamis, 20 Jun 2024

Alhamdulillah bermanfaat untuk yg membutuhkan…. keren K. 10

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Kamis, 20 Jun 2024

❤❤❤

Balas
B. Noviana D.R
Kamis, 20 Jun 2024

Terimakasih Bp. Ardan Siradjuddin, M.Pd., yang telah berkenan memberikan fasilitas untuk sahabat difabel mengikuti PBK Basic Office dengan menggunakan fasilitas lab komputer SMKN 10, juga dukungan pengajar selama Program Pelatihan berlangsung selama 20 x pertemuan.

Semoga SMKN 10 semakin dikenal masyarakat kota Semarang dan luar Semarang dan bisa menjadi SMK Favorit kebanggaan kota Semarang. Amin

Balas
Krishnarefa Agusta
Kamis, 20 Jun 2024

Pelatihan Komputer Hari ke-2 keren banget!

Balas
Jonas Budi Amandatu
Kamis, 20 Jun 2024

Semoga menjadi sukses dan berhasil

Balas
Christina Angelina Sutanto
Kamis, 20 Jun 2024

Hari Kedua kerenn banget semoga bermanfaat n berhasil sukses selalu SMKN 10. Makin jaya

Balas
Christina Angelina Sutanto
Kamis, 20 Jun 2024

Hari Kedua kerenn banget semoga bermanfaat n berhasil sukses selalu SMKN 10. Makin jaya dan bersinar terus

Balas
B. Noviana D.R
Kamis, 20 Jun 2024

Sukses tidak pernah sendirian. Sukses selalu bersama orang lain.

Terimakasih SMKN 10.

Balas
Danang Andhika
Kamis, 20 Jun 2024

Ruangan Labnya nyaman dengan AC, Komputernya sangat bagus serta tidak ada kendala maupun error, Wifi sangat lancar sehingga nyaman untuk browsing, gurunya asik ada selingan ice breaking, disediakan makan snack sama makan siang saat istiahat. the best pokoknya, thank you!

Balas
Rizky Amalia
Kamis, 20 Jun 2024

Matur Nuwun , 🙏🏻🙏🏻 SMK’N 10 Semakin keren dan sukses selalu , semangat terus

Balas
MAS TODY
Kamis, 20 Jun 2024

Terimakasih kepada Kapsel Bapak Ardan, Menteri Kenaga Kerja Ida Fauziyah, wakil pemkot Semarang dan ibu Novie yang memberi sambutan menyandang kau difabel pelatihan Berbasis Kompetensi Tailor Made Training dalam Bidang komputer selamat 20 hari di SMK Negeri 10 Semarang dan semoga anak bisa pahami tentang pelajaran word yang diajari oleh Kak Suin dan ucapan Terimakasih Banyak yang memeberikan bimbingan kepada anak² menyandang difabel untuk ikut pelantihan komputer dan selamat 20 hari.
Sekali lagi saya ucapan banyak terimakasih.
Selamat pelatihan orang tua bangga dan anak hebat bisa komputer.

Balas
Vonny Yuniarti Yuwono
Jumat, 21 Jun 2024

Terima kasih SMKN 10 semoga sukses memberikan pelajaran kepada anak -anak difabel

Balas
Rama
Jumat, 21 Jun 2024

Bangga sekali😊

Balas
Marcellino Giovani
Kamis, 27 Jun 2024

Terima Kasih SMK 10 semoga sukses memberikan pelajaran kepada kami. Saya merasa senang.

Balas
Marcellino Giovani
Kamis, 27 Jun 2024

Terima Kasih SMK 10 semoga sukses memberikan pelajaran kepada kami. Saya merasa senang.

Balas
Marcellino Giovani
Kamis, 27 Jun 2024

Bangga sekali

Balas

Beri Komentar