Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

SMKN 10 Semarang Berbagi Ilmu Menyusun PBD dengan SMKN 3 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Narasumber

Kemendikbud Ristek gencar melakukan sosialisasi Raport Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data. Sebetulnya apa itu PBD? Perencanaan berbasis data adalah sebuah perubahan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan dan dinas pendidikan menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta. 

Perencanaan berbasis data bertujuan untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan, melalui rapor pendidikan.

Dalam upaya memberikan pemahaman ke seluruh warga sekolah, SMKN 3 Semarang melaksanakan IHT Perencanaan Berbasis Data pada hari Kamis, 06 Oktober 2022 di aula sekolah. IHT menghadirkan narasumber Bapak Ardan Sirodjuddin, Kepala SMKN 10 Semarang. 

Kepala SMKN 3 Semarang mengucapkan terima kasih atas ilmu yang diberikan narasumber. 

“Pelatihan PBD 2022 dengan nara sumber Bapak Ardan Sirodjuddin sangat jelas dan memuaskan sehingga sekolah bisa segera menindaklanjuti untuk perencanaan yg lebih tepat mutu dan tepat sasaran untuk Arkas 2023” Ujar Ibu Ummi Rosydiana.

Pada kesempatan yang sama, Ibu Suminingsih guru SMKN 3 Semarang mendapatkan manfaat dari kegiatan ini. 

“Rapor Pendidikan memudahkan satuan pendidikan mendapatkan data hasil evaluasi. Semua aktivitas satuan pendidikan melaksanakan kegiatan secara komprehensif dan terintegrasi serta terencana dengan baik karena menggunakan basis data” Ungkap Bu Ning panggilan akrabnya. 

Dalam pemaparannya, narasumber menjelaskan tiga langkah yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan dalam upaya untuk meningkatkan capaian pembelajaran, yaitu  yang pertama sekolah mengidentifikasi masalah berdasarkan indikator yang ditampilkan di dalam Rapor Pendidikan. Kedua sekolah melakukan refleksi capaian, pemerataan, dan proses pembelajaran di satuan pendidikan. Dan ketiga sekolah melakukan pembenahan melalui perumusan kegiatan dalam bentuk rencana kegiatan dan anggaran satuan pendidikan (BOS dan BOP) dan daerah (APBD). 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar