Info Sekolah
Minggu, 19 Mei 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

SMK Negeri 10 Semarang Gelar Workshop TeFa Bersama UNIKA Soegijapranata

Diterbitkan : - Kategori : Berita / SMK PK

SMK Negeri 10 Semarang, SMK Pusat Keunggulan Rekayasa Perangkat Lunak, mengadakan workshop tentang Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendukung Penyelenggaraan Teaching Factory (TeFa) selama tiga hari, mulai dari tanggal Selasa 31 Oktober 2023 hingga 2 November 2023. Workshop ini bertempat di Ruang Baita Adhiguna SMK Negeri 10 Semarang.

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK melalui penerapan konsep TeFa, yaitu model pembelajaran yang mengintegrasikan antara teori dan praktek secara langsung di lingkungan sekolah. Dengan TeFa, siswa dapat belajar dengan menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan standar industri, sehingga dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang dibutuhkan di dunia kerja.

Hari pertama workshop ini mendatangkan narasumber Guru Besar Sistem Informasi Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata, Prof. Dr. Ridwan Sanjaya, S.E., S.Kom., MS.IEC. Beliau memberikan materi tentang Kerjasama SMK dan Perguruan Tinggi dalam Praktek Kerja Lapangan (PKL). Beliau menjelaskan bahwa PKL merupakan salah satu bentuk TeFa yang dapat memberikan manfaat bagi siswa SMK, antara lain: (1) Sinkronisasi keterampilan (skills), pengetahuan (knowledge), dan sikap (atitude) dengan dunia kerja, (2) Menambah pengalaman dan kualitas CV biodata siswa, (3) Meningkatkan kesiapan siswa dalam dunia kerja, dan (4) Meningkatkan kepuasan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri)

Pembukaan workshop diawali dengan sambutan Kepala SMK Negeri 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd. Beliau menyampaikan bahwa workshop ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk mengembangkan potensi siswa dan guru dalam bidang rekayasa perangkat lunak. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Unika Soegijapranata yang telah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman dengan sekolah.

Workshop dihadiri oleh peserta dari SMK Negeri 10 Semarang dan peserta eksternal. Peserta eksternal berasal dari berbagai SMK antara lain SMK Nusaputera 1, SMK Penerbangan, SMK Nusa Bakti, SMK Palebon, SMK Yayasan Pharmasi dan SMK Robbi Rodliyya. Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan narasumber dan sesama peserta.

Workshop ini akan berlanjut hingga dua hari ke depan dengan materi-materi lain yang berkaitan dengan TeFa. Workshop ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta untuk menerapkan TeFa di sekolah masing-masing.

Penulis : Husna Amalana, M.Pd, Guru SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

6 Komentar

Helmi Yuhdana H
Selasa, 31 Okt 2023

Manteebbb

Balas
Mohammad Yunan
Selasa, 31 Okt 2023

Pembelajaran TeFa untuk SMK wujud kerjasama nyata sekolah Vokasi yang memproduksi barang dan jasa sesuai standar industri

Balas
Joko Suwignyo
Selasa, 31 Okt 2023

Hebat dan mantabbbb

Balas
Hesti S
Selasa, 31 Okt 2023

SMK N 10 Semarang TOP banget

Balas
Antar subandana
Selasa, 31 Okt 2023

Semangat terus maju SMK n 10 Semarang. Buka bengkel mobil sebagai tefa

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar