Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Silaturahmi Alumni Eks Trainee PT. JIAEC

Diterbitkan : - Kategori : Magang / Pelatihan / Pendidikan

Jumat, 27 Januari 2023, PT. JIAEC (Japan Indonesian Economic Center) melaksanakan rangkaian kegiatan seleksi magang di SMK Negeri 10 Semarang, bagi Siswa kelulusan Tahun Pelajaran 2022/2023. Pada kesempatan tersebut, juga hadir alumni SMK Negeri 10 Semarang, Wisnu Murti, yang juga merupakan trainee dari PT JIAEC. Wisnu baru saja menyelesaikan kontrak pemagangannya selama 3 tahun di Jepang, yaitu di PT. Hitachi Construction Machinery, Jepang.

PT. JIAEC yang berkantor pusat di Kota Depok, Jawa Barat, merupakan lembaga yang melaksanakan pelatihan dan rekrutmen bagi Siswa yang ingin berkarir dan bekerja di industri Jepang. Wisnu adalah salah satu Siswa SMK Negeri 10 Semarang pada jurusan Teknik Pengelasan yang berhasil mengikuti training sehingga mendapat kesempatan magang di Jepang. Wisnu menceritakan bahwa pelajaran welding dari sekolah sangat bermanfaat untuk menambah pengalamannya selama magang praktik/kerja di perusahaan Hitachi, ditambah dengan modal pelatihan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja di Jepang

“Keberanian dan motivasi yang kuat agar bisa lulus seleksi, etos kerja dengan kedisiplinan yang tinggi, serta menghargai waktu selama melaksanakan magang praktik/kerja di PT. Hitachi Jepang benar-benar dirasakan dan menjadi pengalaman yang sangat berharga selama 3 tahun di Jepang,” tambah Wisnu menceritakan dengan penuh antusias. Ditambah dengan hal yang menarik pada saat pandemi di Jepang, yaitu menikmati tempat wisata yang luar biasa hingga bagaimana mampu adaptasi untuk menyesuaikan diri hidup di Jepang sebagai orang asing.

Dengan kemudahan dan kemajuan teknologi komunikasi, mampu mengatasi kerinduan dengan keluarga di Semarang. Didukung dengan semangat belajar dan suasana kerja yang menyenangkan membuat Wisnu bisa menyelesaikan magang praktik/magang dengan sangat baik. Dengan selesainya pemagangan di Jepang dari tahun 2020 sampai 2023, ada rencana untuk re-entry kembali ke Jepang melalui PT. JIAEC. Hal tersebut telah diatur dan sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Jepang.

Mengakhiri silaturahmi dan temu kangen dengan Guru-Guru yang mendukungnya selama ini, Wisnu memberikan pesan dan semangat kepada adik-adiknya yang saat ini masih menempuh pendidikan dan meningkatkan kompetensinya, dan yang akan mengikuti seleksi, berikut: “Salah satu kunci kesuksesan adalah sabar dan bersyukur. Semangat untuk Siswa adik kelas yang telah lolos seleksi tes wawancara, jaga kesehatan selalu untuk melanjutkan MCU test”.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Ira Yuni Astuti, S.Pd., Ketua BKK SMK Negeri 10 Semarang

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Post Terkait