Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Pramuka Wujudkan Karakter Kedisiplinan Siswa

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan

Pada jum’at (15/07/2022), telah dilaksanakan ekstrakurikuler pramuka untuk menguatkan kedisiplinan siswa/i baru. Lewat ekstrakurikuler pramuka, siswa baru mendapatkan materi – materi yang bermanfaat karena kepramukaan merupakan kegiatan pembentukan karakter, belajar kemandirian, belajar berani dan karakter positif lainnya.

Pramuka kependekan dari Praja Muda Karana yang artinya rakyat muda yang suka berkarya. Oleh karena itu siswa/i baru di SMKN 10 Semarang diharapkan lebih kreatif dan mandiri untuk bisa membantu masyarakat 
Menurut Joko Mursitho pramuka adalah proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur dan praktis. Dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk watak peserta didik.

Sementara itu menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pramuka adalah proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, dibawah tanggung jawab anggota dewasa, yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu.

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMKN 10 Semarang diikuti sebanyak 540 siswa maupun siswi baru yang dimulai pada pukul 14:00 WIB – 16:00 WIB. Rangkaian acara tersebut dimulai dari apel di lapangan upacara lalu dilanjutkan dengan pengarahan pembina pramuka. Karena ini adalah kegiatan ekstra pramuka perdana, difokuskan untuk persiapan kegiatan ekstra dengan perkenalan kakak-kakak bantara dan pembagian sangga untuk seluruh siswa.

Penulis : Aditya Ardiansyah, mahasiswa Lantip Angkatan 2 Unnes di SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar