Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Perkuat Kemampuan Mahasiswa UNNES Lantip 2, SMKN 10 Semarang Adakan Pelatihan Jurnalistik

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Perguruan Tinggi

Tim Humas SMK Negeri 10 Semarang menggelar pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa  UNNES Lantip Angkatan 2 di ruang pertemuan Baita Adhiguna SMK Negeri 10 Semarang, Rabu, 13 Juli 2022. Pelatihan ini menghadirkan Bapak Ardan Sirodjuddin selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Semarang sebagai narasumber.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk membekali mahasiswa UNNES Lantip Angkatan 2 agar mampu berkompetensi dalam bidang menulis atau memproduksi karya jurnalistik untuk media online.

Materi yang disampaikan oleh narasumber terkait tata cara penulisan berita dan artikel, diantaranya adalah bagian-bagian karya tulis serta saran dalam ide dan penyusunannya. Untuk memperkuat karya jurnalistik, sekolah  menyediakan tim editor dan bersedia memberi kritik dan saran sebelum berita atau artikel diunggah.

“Ini dapat menjadi bekal mahasiswa untuk menggali bakat menulis mereka sehingga mampu menginformasikan sebuah berita dalam media online,” ujar Bapak Ardan Sirodjuddin.

Selain itu, kepala sekolah juga menegaskan dalam kegiatan ini diharapkan mahasiswa UNNES Lantip Angkatan 2 dapat menghasilkan berita dan artikel untuk setiap mahasiswa yang nantinya akan diunggah di laman website SMK Negeri 10 Semarang.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubungan Industri mengajak mahasiswa untuk terus belajar.

“Dalam pembuatan berita beserta artikel mahasiswa tidak hanya diperintahkan untuk membuat berita dan artikel, akan tetapi pihak sekolah mengajak mahasiswa belajar agar memiliki skil tambahan untuk pengembangan diri,” ujar Bapak Agus Subiyanto, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas dan Hubungan Industri.

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa pihak sekolah mengajak mahasiswa untuk membagikan informasi tentang SMK Negeri 10 Semarang lewat artikel dan berita.

Tidak hanya jurnalistik, Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Semarang juga menyarankan mahasiswa untuk membaca satu buku hingga tamat dalam waktu seminggu seperti yang telah dilaksanakan juga oleh guru dan karyawan di SMK Negeri 10 Semarang sejak beberapa bulan yang lalu. Hal tersebut bertujuan agar semua mahasiswa dan guru tetap belajar hal baru yang sebelumnya belum dipelaiari.

Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan suatu amanat bahwa pendidik harus tetap belajar, bukan hanya menjadi seorang pengajar. Kemudian dengan adanya publikasi berita dan artikel secara rutin di web sekolah, akan menjadi suatu hal yang dapat ditonjolkan dari SMK Negeri 10 Semarang.

Antusias dari Kepala Sekolah beserta guru dan karyawan SMK Negeri 10 Semarang untuk meningkatkan produktivitas dan publikasi sekolah ini dapat dijadikan contoh yang baik bagi sekolah lain.

Penulis : Hendy Rifki Hidayat, Mahasiswa UNNES Lantip Angkatan 2 di SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar