Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Percepat Progres PMM, SMKN 10 Semarang Laksanakan IHT

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Guru dan TU

Platform Merdeka Belajar ( PMM ) merupakan wadah teknologi yang disiapkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) dan merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya serta membantu, memudahkan guru dalam melakukan proses belajar serta mengoptimalkan Implementasi Kurikulum Merdeka serta memberikan kesempatan guru untuk terus belajar guna mengembangkan kompetensinya kapan pun dan dimana pun berada. Fitur Belajar pada Platform Merdeka Mengajar memberikan fasilitas Pelatihan Mandiri kepada guru untuk dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri.

Hari Jumat, 23 Desember 2022 kegiatan IN HOUSE TRAINING ( IHT ) Aksi Nyata PMM dilaksanakan di sekolah kita tercinta SMK Negeri 10 Semarang, pukul 09.45 sampai 11.45 dengan narasumber Bapak Ari Prabowo dari SMP Muhammadiyah 1 Weleri, Kendal yang diikuti oleh semua bapak, ibu guru SMK Negeri 10 Semarang dengan antusias dan bersemangat.

Bapak Ari Prabowo, A. Md menyampaikan bahwa dalam mengerjakan aksi nyata di Platform Merdeka Mengajar adalah (1) memilih topik Aksi Nyata yang sudah disediakan di Platform, (2) baca dengan seksama rincian pada tiap topik Aksi Nyata dan tentukan topik yang dipilih, (3) melihat video, latihan pemahaman, dan post test. Praktikan aksi nyata sesuai panduan yang ada. Kemudian tuangkan aktivitas aksi nyata ke dokumen tertulis bisa menggunakan aplikasi word processor seperti Microsoft word lalu ubah dokumen ke format PDF dengan ukuran 10 MB.

Pastikan isi dokumen aksi nyata sesuai panduan aktivitas sesuai dengan topik aksi nyata, memuat dokumentasi saat melakukan aksi nyata, menuangkan buah pikiran hasil karya diri sendiri ( hindari plagiatisme ). Minta umpan balik pada rekan sejawat dengan membagikan aksi nyata yang sudah diunggah ke platform merdeka mengajar.

Kepala SMK Negeri 10 Semarang berharap dengan adanya IHT aksi nyata PMM, bapak ibu guru dapat mengerjakan aksi nyata PMM dan menghasilkan progres luar.

“Saya mengharapkan progres nyata pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar oleh semua guru SMKN 10 Semarang. Hal ini bertujuan agar pemahaman Bapak dan Ibu Guru dengan Kurikulum Merdeka lebih jelas dan terarah” Ujar Bapak Ardan Sirodjuddin.

Penulis : Aprilia, Guru Matematika SMKN 10 Semarang.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar