Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Pendamping SMK PK Bahas Progres Pembelajaran dan Kecerdasan Buatan di SMKN 10 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita / SMK PK

Semarang, 15 November 2023 – Hari ini, Rabu, 15 November 2023, SMKN 10 Semarang sebagai SMK Pusat Keunggulan kembali mendapat kunjungan dari pendamping SMK PK yang berasal dari Perguruan Tinggi. Ibu Ina Maryani dari Universitas Bina Sarana Informatika hadir untuk membahas sejumlah aspek krusial dalam pelaksanaan kegiatan SMK PK  di SMKN 10 Semarang.

Kunjungan ini mencakup beberapa poin utama antara lain pertama Progres Pembelajaran Berbasis Proyek (Teaching Factory). Ibu Ina Maryani membahas laporan progres pembelajaran berbasis proyek, yang merupakan salah satu elemen kunci dari metode Teaching Factory. Diskusi melibatkan evaluasi capaian target luaran SMK, hasil dan dampak yang diharapkan oleh mitra dunia kerja, serta upaya pengembangan kapasitas SDM, PBL, dan Teaching Factory.

Kedua Peningkatan Kerjasama dengan Mitra Dunia Kerja. Laporan mencakup peningkatan kerjasama dengan mitra dunia kerja, termasuk pencapaian target luaran SMK, hasil dan dampak yang diinginkan oleh mitra dunia kerja, pengembangan BKK (Bursa Kerja Khusus), serta pengembangan kapasitas SDM, PBL, dan Teaching Factory.

Ketiga Panduan Penggunaan dan Pemeliharaan Sarana Prasarana. Pertemuan ini turut membahas panduan penggunaan dan pemeliharaan sarana prasarana di SMKN 10 Semarang, untuk memastikan kelancaran kegiatan pembelajaran dan proyek yang dilakukan oleh siswa.

Keempat Ibu Ina Maryani juga membahas laporan hasil penelusuran lulusan (Tracer Study) yang bertujuan untuk memperkuat penatakelolaan SMK PK melalui penguatan BKK. Ini mencakup strategi pengembangan Bursa Kerja Khusus untuk meningkatkan peluang kerja bagi lulusan.

Kelima laporan notulensi dari diskusi grup terpumpun (Focus Group Discussion) dan sosialisasi pengembangan kerjasama industri bersama komite sekolah. Diskusi ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara sekolah dan industri demi peningkatan kualitas pendidikan.

Selain koordinasi terkait poin-poin di atas, Ibu Ina Maryani juga berbagi materi tentang peran kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam pendidikan. Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai kebutuhan teknis pelaksanaan FGD yang akan dilaksanakan pada 30 November 2023. 

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Guru SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar