Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Pembukaan Pelatihan Pendayagunaan TIK untuk Pembelajaran Inovatif Angkatan III Tahun 2023

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah (BPTIK DIKBUD JATENG) menggelar Pelatihan Pendayagunaan TIK untuk Pembelajaran Tahun 2023 pada tanggal 22-24 November 2023 di Hotel Sahid Jaya Solo. Pelatihan ini diikuti oleh 47 guru dari jenjang SMA dan SMK Negeri maupun Swasta se-Jawa Tengah. Peserta Pelatihan Pendayagunaan TIK Untuk Pembelajaran Inovatif Jenjang SMA berjumlah 22 guru, sedangkan dari SMK berjumlah 25 orang.

Pelatihan Pendayagunaan TIK untuk Pembelajaran ini mempelajari tentang optimalisasi Adopsi Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan (artficial intelligence) dalam Pembelajaran dan penyusunan Bahan Ajar Berbasis Video Animasi yang merupakan tindak lanjut dari Bimbingan Teknis Pendayagunaan TIK Angkatan V Tahun 2023 BPTIK DIKBUD JATENG pada Tanggal 19 – 25 Oktober 2023 dengan kombinasi 18 JP sinkron dan 12 JP asinkron secara daring. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMA dan SMK dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan penyusunan Bahan Ajar Berbasis Video Animasi.

Peserta Bimbingan Teknis yang sudah lulus sesuai data rekap nilai dan daftar hadir peserta memperoleh sertifikat dari BPTIK DIKBUD JATENG. Selain itu, bagi peserta yang lolos peringkat sepuluh besar pada setiap kelas memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan ini secara luring dan akan memperoleh sertifikat dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah.

Kepala BPTIK DIKBUD JATENG, Kristiawan Nurdianto, S.Kom, M.Kom, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari upaya BPTIK DIKBUD JATENG untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan pendidikan berbasis digital. Beliau berharap bahwa peserta pelatihan dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh dalam pembelajaran di sekolah masing-masing dan melakukan pengimbasan.

Pelatihan ini menjadi wadah bagi para pendidik untuk menggali inovasi dalam pembelajaran. Sub Koordinator Seksi Pemberdayaan TIK, Donny Setyawan SE., MM, menekankan pentingnya adopsi teknologi kecerdasan buatan dan penyusunan bahan ajar berbasis video animasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan dengan perkembangan teknologi saat ini, serta memberikan dampak positif bagi peserta didik di era digital.

Salah satu peserta pelatihan, Husna Amalana, S.Pd., M.Pd., Guru SMK Negeri 10 Semarang, mengaku senang dan antusias mengikuti pelatihan ini. Ia mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Ia juga berterima kasih kepada BPTIK DIKBUD JATENG yang telah memberikan kesempatan dan fasilitas yang memadai untuk pelatihan ini.

Pelatihan ini secara resmi telah dibuka oleh Kepala BPTIK DIKBUD JATENG, Kristiawan Nurdianto, S.Kom, M.Kom pada tanggal 22 November 2023, dilanjutkan pengarahan dan paparan produk BPTIK DIKBUD JATENG oleh Sub Koordinator Seksi Pemberdayaan TIK, Donny Setyawan, SE., MM, serta Pelatihan hingga pukul 22.00 WIB. Dalam pelaksanaannya, peserta dibagi menjadi dua kelas berdasarkan jenjangnya, yaitu SMA dan SMK. Materi pelatihan hari pertama untuk jenjang SMK adalah penyusunan Bahan Ajar Berbasis Video Animasi, sedangkan jenjang SMA tentang pemanfaatan AI. Kegiatan ini menjadi langkah nyata dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan pemanfaatan TIK, mengembangkan kemampuan guru, dan memperkuat sinergi antara BPTIK DIKBUD JATENG, guru, dan lembaga terkait.

Penulis : Husna Amalana, M.Pd, Guru IPAS SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar