Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Pemantauan dan Evaluasi Bantuan Pemerintah untuk SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023

Diterbitkan : - Kategori : Berita / SMK PK

Semarang, 25 April 2024 — Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia, Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, hari ini melaksanakan kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Bantuan Pemerintah untuk SMK di tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di SMKN 10 Semarang, yang merupakan salah satu sekolah penerima bantuan tersebut.

Tujuan utama dari Pemantauan dan Evaluasi ini adalah untuk memastikan bahwa dana bantuan yang telah disalurkan digunakan sesuai dengan peruntukannya dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SMKN 10 Semarang. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program bantuan, sehingga dapat dijadikan acuan untuk penyempurnaan program di tahun berikutnya.

Kepala SMKN 10 Semarang, Bapak Ardan Sirodjuddin, M.Pd., menyambut baik kegiatan ini. Beliau menyatakan bahwa kegiatan Pemantauan dan Evaluasi sangat bermanfaat dalam memberikan gambaran yang jelas mengenai efektivitas penggunaan bantuan pemerintah. Diskusi yang berlangsung di kegiatan ini juga menjadi ajang untuk menyampaikan berbagai masukan, terutama terkait dengan jurusan Kemaritiman yang ada di SMKN 10 Semarang.

Salah satu isu penting yang diangkat adalah tentang kekurangan guru produktif di jurusan Kemaritiman. Hal ini menjadi perhatian serius karena mempengaruhi kualitas pembelajaran. Selain itu, terdapat pula usulan untuk menyinkronkan regulasi jurusan Kemaritiman yang saat ini berada di bawah dua kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Kementerian Perhubungan Laut.

Bapak Ardan Sirodjuddin juga menekankan pentingnya implementasi Permendikbud No. 46/2024 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan di Satuan Pendidikan. Beliau mengusulkan agar akun-akun provokatif yang memicu kekerasan dapat dihapus sebagai langkah konkret dalam mewujudkan lingkungan pendidikan yang aman dan kondusif.

Pemantauan dan Evaluasi Bantuan Pemerintah di SMKN 10 Semarang berjalan dengan lancar. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa penggunaan bantuan di sekolah ini telah sesuai dengan peruntukannya dan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan. 

Penulis : Andhika Wildan Khrisnamurti, M.Pd, Pokja PK SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar