Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Pelatihan PKP Hari Keenam: Merancang Pembelajaran dengan Modul Ajar

Diterbitkan : - Kategori : Berita / SMK PK

Pada hari Senin, 25 September 2023, telah diselenggarakan Pelatihan Komite Pembelajaran (PKP) yang merupakan bagian dari kegiatan Penguatan Pembelajaran SMK Pusat Keunggulan. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan dalam merancang pembelajaran dengan menggunakan Modul Ajar. Kegiatan berlangsung secara daring melalui platform Google Meet.

Dalam pelatihan ini, peserta diajak untuk lebih mendalam dalam merancang modul ajar yang sesuai dengan tujuan, kebutuhan, kondisi, dan karakteristik sekolah mereka masing-masing. Modul ajar merupakan salah satu instrumen penting dalam proses belajar-mengajar yang dapat membantu peserta didik memahami materi secara lebih sistematis.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan VokasiĀ  (BBPPMPV) Seni dan Budaya, sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Narasumber utama pada pelatihan ini adalah Ibu Fetty Anggraeni, seorang ahli pendidikan yang berpengalaman dalam pengembangan modul ajar yang efektif.

Pelatihan dimulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung dengan lancar di bawah bimbingan Ibu Fetty Anggraeni sebagai narasumber. Materi yang disampaikan meliputi teknik merancang modul ajar dan kemampuan dalam memodifikasi modul ajar yang sudah ada agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik sekolah masing-masing. Kegiatan juga dilengkapi dengan sesi diskusi antara peserta pelatihan untuk bertukar pengalaman dan gagasan.

Peserta pelatihan diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam pelatihan ini ke dalam praktik sehari-hari di sekolah masing-masing. Dengan demikian, diharapkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia dapat terus ditingkatkan, membawa manfaat positif bagi perkembangan pendidikan di negara ini.

Penulis : Komite Pembelajaran SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Sabtu, 30 Sep 2023

Jos.

Balas

Beri Komentar