Info Sekolah
Selasa, 05 Des 2023
  • SMKN 10 Semarang lolos sebagai SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023

Pelatihan Manajemen KS Angkatan 2 : Optimalisasi Pengelolaan Aset Sekolah

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Pada hari kelima, Selasa, 07 November 2023, peserta Pelatihan Manajemen KS Angkatan 2 mengikuti sesi yang penuh wawasan melalui platform Zoom Meeting, yang diselenggarakan oleh BPSDM Propinsi Jawa Tengah. Sesi kali ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidang pengelolaan aset sekolah dari BPKAD Propinsi Jawa Tengah.

Materi utama yang disampaikan dalam pelatihan kali ini adalah “Pengelolaan Aset Sekolah.” Narasumber menjelaskan secara rinci bahwa pengelolaan aset sekolah merupakan tugas yang memerlukan manajemen tersendiri. Pengelolaan yang efisien dan transparan menjadi sangat penting untuk memastikan aset sekolah dimanfaatkan dengan optimal, sesuai dengan tujuan pendidikan.

Narasumber¬† juga memperkenalkan inovasi terbaru dalam pengelolaan aset sekolah, yaitu “SIM Aset” yang diperkenalkan oleh BPKAD Propinsi Jawa Tengah. Sistem Informasi Manajemen Aset (SIM Aset) ini bertujuan untuk memudahkan dan menyederhanakan tugas pengelolaan aset di lingkungan sekolah. Dengan SIM Aset, proses pelacakan, pemeliharaan, dan pencatatan aset sekolah menjadi lebih efisien.

Selain itu, narasumber juga memberitahu peserta bahwa saat ini banyak sekolah sedang melaksanakan sensus barang untuk mendata dengan lengkap semua barang yang dimiliki oleh sekolah. Hal ini menjadi langkah awal dalam upaya pengelolaan aset yang lebih baik.

Para peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti sesi ini dan mendapat pemahaman mendalam mengenai pentingnya pengelolaan aset sekolah yang baik. Dengan penerapan SIM Aset dan sensus barang yang sedang berlangsung, diharapkan sekolah-sekolah dapat mengoptimalkan penggunaan aset mereka, sehingga kualitas pendidikan di Indonesia semakin meningkat. Pelatihan Manajemen KS Angkatan 2 terus memberikan kontribusi berharga dalam upaya memajukan dunia pendidikan di tanah air.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Guru SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar