Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Pelatihan Manajemen Kepala Sekolah : Penyusunan ARKAS Berbasis PBD

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Senin, 6 November 2023, BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Jawa Tengah menggelar kegiatan pelatihan manajemen yang bertajuk “Pelatihan Manajemen KS Angkatan II”. Acara yang berlangsung pada hari ke empat ini memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kemampuan dalam penyusunan RKS (Rencana Kerja Satuan), RKT (Rencana Kerja Tahunan), dan berbasis PBD (Perencanaan Berbasis Data) serta Raport Pendidikan.

Kegiatan ini dipandu oleh narasumber dari BBGP Jawa Tengah, yaitu Ibu Dian Fajarwati, yang memiliki pengalaman dalam bidang manajemen pendidikan. Materi yang disampaikan mencakup aspek penting dalam manajemen pendidikan, seperti penyusunan RKS dan RKT yang merupakan dasar perencanaan kegiatan di satuan pendidikan. Selain itu, berbasis PBD menjadi fokus utama, di mana peserta akan memahami bagaimana data dapat digunakan untuk meningkatkan mutu dan capaian pendidikan.

Dalam paparannya, narasumber menjelaskan Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah konsep yang memiliki peran kunci dalam pengambilan keputusan di dunia pendidikan. Dengan mengumpulkan dan menganalisis data, baik tingkat satuan pendidikan maupun dinas pendidikan, pemerintah daerah dapat melakukan intervensi yang tepat guna untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan.

Peserta yang hadir diharapkan mendapatkan pemahaman mendalam tentang manajemen pendidikan yang berdasarkan data, sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan mutu pendidikan di sekolah masing-masing. Pelatihan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang pendidikan, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada pembangunan pendidikan di Indonesia.

Penulis : M. Yunan Setyawan, S.Pd, Guru SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Andhika Wildan Krisnamurti
Jumat, 1 Des 2023

Mantap.

Balas

Beri Komentar