Info Sekolah
Jumat, 23 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Meningkatkan Budaya Industri Melalui Kegiatan Kunjungan Industri

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Pendidikan / Swasta / Teknologi

Mengingat kemajuan teknologi otomotif yang terus bekembang, menjadikan semangat dan motivasi segenap Guru Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK Negeri 10 Semarang untuk terus mengembangkan kompetensi diri dan lembaga untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada Peserta Didik hingga selaras dengan kebutuhan industri otomotif.

Kompetensi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan sosial di dalam diri Peserta Didik sangat penting untuk memberikan kesempatan bagi setiap Peserta Didik untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang diharapkan, sehingga memiliki kesiapan kerja di industri otomotif yang kompetitif.

Kompetensi keahlian TKRO telah menjalin kemitraan bersama PT. Global Carfix Indonesia dalam rangka peningkatan kompetensi Guru maupun Peserta Didik yang sesuai dengan kebutuhan industri otomotif yang semakin berkembang.

Global Carfix Indonesia memiliki beberapa cabang bangkel di beberapa kota di Indonesia, yang telah memiliki banyak customer di masing-masing kota. Beberapa Guru dan Peserta Didik SMK Negeri 10 Semarang telah melaksanakan magang di beberapa Bengkel Carfix di Kota Semarang, sebagai salah satu upaya kemitraan yang telah dilaksanakan.

Dan, untuk meningkatkan kemitraan tersebut, segenap Guru TKRO SMK Negeri 10 Semarang melaksanakan kunjungan industri dan studi banding bengkel Carfix yang berada di luar kota Semarang, yaitu di Bengkel Carfix Jakal Kaliurang, Yogyakarta. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar Guru TKRO SMK Negeri 10 Semarang belajar tentang budaya industri yang dilaksanakan di Bengkel Carfix baik yang ada di Kota Semarang maupun yang ada di luar Kota Semarang.

Bapak Tulus sebagai Senior Brand Head, Bapak Deni sebagai Brand Head Jakal, serta Tim Manajemen Bengkel Carfik Jakal menyambut kami dengan sangat ramah. Dalam kunjungan industri tersebut, kami melakukan banyak diskusi mengenai budaya kerja dan minat masyarakat terhadap kehadiran Bengkel Carfix di Kaliurang dalam memberikan layanan perawatan dan perbaikan kendaraan ringan dengan berbagai jenis brand. Observasi kami terhadap lingkungan, penataan ruang, penataan alat dan bahan, serta pelayanan kepada konsumen di Bengkel Carfix Jakal sangat bagus, seperti standar budaya kerja dan industri yang diterapkan oleh PT. Global Carfix Indonesia.

Dengan pengalamanan yang diperoleh dari kegiatan kunjungan industri dan studi banding tersebut, segenap Guru TKRO SMK Negeri 10 Semarang dapat memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas kepada Peserta Didik melalui pendidikan budaya industri, sehingga memiliki kompetensi siap kerja dan siap berwirausaha di bidang otomotif.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Kuslimanto Adhi Nugroho, S.PdT., K3 TKRO

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Paulus Sugeng H
Rabu, 2 Nov 2022

Implementasi nyata kerjasama dunia pendidikan (SMKN 10 Semarang) dengan dunia industri (Carfix)
Semoga semakin miningkatkan kreativitas dan motivasi dalam usaha peningkatkan kualitas tenaga pengajar dan peserta didik untuk semakin percaya diri masuk dunia kerja
Selamat

Balas
    Senin, 14 Nov 2022

    Terima kasih atas support dan motivasinya

    Balas

Beri Komentar