Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Membangun Mindset Bersama BBPPMPV BMTI Kemendikbud Ristek

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Instansi

SMKN 10 Semarang beruntung karena salah satu guru produktif Pengelasan mendapat kesempatan belajar di BBPPMPV BMTI Cimahi. Berita ini adalah hasil liputan Bapak Yunan Setiawan dalam menimba ilmu pada Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan berstandar Industri BBPPMPV BMTI.

Bersama narasumber Bapak Dr. Edison Ginting, SP., MM belajar materi Perubahan Mindset. Materi ini diberikan selama dua hari yaitu 29 – 30 Agustus 2022. Dalam paparannya, narasumber mengatakan Mindset adalah kepercayaan atau sekumpulan kepercayaan atau cara berfikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang yang akhirnya menentukan level keberhasilan hidupnya.

Secara garis besar Mindset dikelompokkan menjadi 2 yaitu : Fixed mindset (cara berfikir tetap/ tidak mau berubah) dan growth mindset (cara berfikir berkembang dalam menyikapi perubahan). Pendekatan konsep dalam merubah Fixed Mindset menjadi Growth Mindset ada empat bagian adalah yang pertama Trendwatching yaitu mengamati berbagai tren pemacu perubahan yang akan terjadi di masa depan. Yang kedua Envisioning yaitu  menggambarkan dampak perubahan dalam lingkungan bisnis yang diakibatkan oleh berbagai pemacu perubahan yang telah diamati dalam trendwatching. 

Yang ketiga Perumusan Paradigma. Oleh karena lingkungan organisasi di gambarkan karakteristiknya sebagai lingkungan yang di dalamnya customer, maka paradigma yang sesuai dengan lingkungan customer value strategy, suatu pandangan untuk bertumbuh di tentukan oleh kemampuan organisasi dalam menyediakan value terbaik bagi customer.

Dan Yang terakhir Perumusan Mindset. Mindset  terdiri dari tiga komponen: paradigma, keyakinan dasar dan nilai dasar. Oleh karena itu, dalam merumuskan mindset, setelah paradigma dirumuskan, kemudian dirumuskan keyakinan dasar dan nilai dasar yang sesuai dengan paradigma tersebut. Berdasarkan paradigma customer value strategy, kemudian dibangun customer value mindset dan berdasarkan paradigma pula continious improvement dibentuk dalam dua mindset: continious improvement mindset dan opportunity mindset.

Dari paparan di atas, penulis menyakini perubahan adalah sebuah keniscayaan, dalam menjalani kehidupan ini kita tidak dapat menghindar dari perubahan. Apabila kita mempunyai Cara berfikir tidak mau berubah (Fixed Mindset) maka kita akan terlindas oleh perubahan itu sendiri.

Di dunia pendidikan kita dihadapkan pada kondisi terkini yaitu Revolusi industri 4.0, Generasi yang kita didik adalah generasi Mileneal (Gen Z), Gap antara kompetensi lulusan dengan permintaan dunia kerja/ industri maka mau tidak mau atau suka tidak suka kita diminta mempersiapkan lulusan SMK yang akan mewarisi kehidupan dimasa mendatang.

Sudah selayaknya dan menjadi keharusan bagi para Guru untuk mempunyai cara berfikir berkembang yang kreatif dalam menyikapi perubahan (Growth Mindset). Yang salah satunya yaitu kita membekali Softskill dan Hardskill kepada para siswa yang sesuai dengan perkembangan zaman. Meng-update metode belajar dan mengajar baik secara administratif dan praktis.

Penulis : Yunan Setiawan, Guru SMKN 10 Semarang dan Peserta Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan berstandar Industri BBPPMPV BMTI

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar