Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Melanjutkan Pendidikan Kejuruan Pasca SMP

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Guru dan TU / Kesiswaan / Narasumber / Pendidikan / PPDB

Jumat, 10 Maret 2023 – SMK Negeri 10 Semarang mendapat undangan dari SMP Negeri 30 Semarang untuk mengisi acara yang bertajuk “Melanjutkan Sekolah Pasca SMP”. Acara yang diselenggarakan oleh Guru Bimbingan Konseling (BK) tersebut diikuti oleh seluruh Siswa Kelas IX SMP Negeri 30 Semarang, yang didampingi oleh Ibu dan Bapak Guru BK serta Guru lain yang sangat mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut.

Dimulai jam 09.50 WIB, seluruh Siswa SMP Negeri 30 Semarang yang berjumlah sekitar 192 Siswa tersebut telah memenuhi aula dengan keceriaan dan canda tawa Siswa SMP, yang menunjukkan antusiasme untuk mengikuti kegiatan. Suasana tersebut, membuat Tim SMK Negeri 10 Semarang yang diwakili oleh Bp. Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd., Ibu Ira Yuni Astuti, S.Pd., serta Ibu Husna Amalana, S.Pd., M.Pd., semakin bersemangat untuk menyampaikan berbagai informasi penting berkenaan dengan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri, termasuk proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan diikuti oleh Siswa Kelas 9 setelah lulus sesaat lagi.

Bp. Munadi S.Pd., selaku Guru BK mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan wawasan dan pemahaman kepada Siswa Kelas 9 khususnya, untuk bisa memilih sekolah menengah tingkat atas dengan benar dan tepat setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMP. Dengan tujuan yang mulia tersebut, kegiatan pembekalan untuk Siswa tersebut sangat didukung oleh Kepala Sekolah serta seluruh Guru SMP Negeri 30 Semarang, sehingga kegiatan dilaksanakan dengan berkelanjutan.

“Sekolah Menengah Kejuruan, merupakan lembaga pendidikan yang mendidik, membekali, dan menyiapkan Siswa untuk memiliki kompetensi yang unggul dengan pengetahuan, keterampilan, serta perilaku yang siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri, sesuai bakat, minat, potensi diri. Selain bekerja, Siswa pun juga disiapkan untuk menjadi wirausaha muda yang terampil, kreatif, dan inovatif. Bahkan, juga berkesempatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang sesuai dengan jurusannya,” demikian pemaparan yang disampaikan oleh Bp. Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd.

Mendukung hal tersebut, Ibu Husna Amalana, S.Pd., M.Pd., pun menambahkan,”Menjadi Siswa SMK, selain belajar sesuai dengan jurusannya, juga harus berani untuk menuangkan ide-ide kreatif, dan aktif untuk mengikuti setiap kesempatan apabila ada lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun lembaga lain, sehingga dapat mengembangkan potensi diri Siswa lebih optimal.”

“SMK Negeri 10 Semarang telah bekerjasama dengan banyak perusahaan sesuai dengan jurusan yang ada, baik instansi Pemerintah maupun industri yang berskala nasional dan internasional. Tujuan kerjasama dan kemitraan tersebut, adalah untuk memberikan standarisasi kompetensi dan peluang Siswa yang telah lulus untuk dapat bekerja. Salah satu perusahaan yang telah bekerjasama dengan SMK Negeri 10 Semarang adalah PT. JIAEC, yaitu perusahaan yang menyelenggarakan program pemagangan ke Jepang,” demikian motivasi yang disampaikan oleh Ibu Ira Yuni Astuti, S.Pd., kepada seluruh Siswa yang memperhatikan dengan serius dan antusias.

Setelah acara selesai, tidak sedikit Siswa yang bertanya dan meminta informasi mengenai SMK dan proses PPDB 2023/2024 yang akan mereka ikuti setelah lulus SMP. Untuk memfasilitasi harapan Siswa-Siswa tersebut, Tim SMK Negeri 10 Semarang mengajak Siswa untuk bergabung dalam Telegram https://t.me/kiatPPDB. Melalui Telegram tersebut, SMK Negeri 10 Semarang akan memberikan seluruh informasi mengenai PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Setelah memperoleh informasi mengenai pendidikan SMK, proses PPDB SMK Negeri, serta profil Kompetensi Keahlian/Jurusan di SMK Negeri 10 Semarang, seluruh Siswa serta Ibu dan Bapak Guru SMP Negeri 30 Semarang yang mendampingi sangat senang dengan kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut. Hal tersebut menunjukkan kerjasama dan kemitraan yang sangat baik yang dibangun oleh SMP Negeri 30 bersama SMK Negeri 10 Semarang. “Terima kasih atas semua informasi dan peran serta dari SMK Negeri 10 Semarang kepada anak-anak kami dalam memberikan pemahaman tentang pendidikan SMK, sehingga mereka dapat menyiapkan diri dengan lebih baik lagi untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” demikian ungkapan yang disampaikan oleh Ibu Rahmawati Cahyaningtyas, S.Pd., menutup perjumpaan bersama Tim SMK Negeri 10 Semarang.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum., Pustakawan SMK Negeri 10 Semarang

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar