Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Latihan Pramuka dalam Rangka Penerimaan Tamu Ambalan

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kepanduan / Kesiswaan

Jum’at, 22 Juli 2022,  Pramuka Bantara ambalan Dewa Ruci dan Dewi Lanjar di SMK Negeri 10 Semarang melaksanakan latihan upacara. Latihan ini dihadiri oleh Penggalang Kelas X, Bantara Kelas XI selaku dewan ambalan dan dibantu oleh kakak Marini dari Andalan Abdimas Semarang Utara. Latihan ini dilakukan dalam rangka untuk persiapan perkemahan Jum’at dan Sabtu (Perjusa) yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 5-6 Agustus 2022.

Pada Latihan Pramuka kali ini diawali dengan Apel pembukaan pelatihan Pramuka yang dimulai pukul 14.00 sampai pukul 16.00 di lapangan SMK Negeri 10 Semarang. Apel pembukaan pelatihan Pramuka ini, dipimpin oleh Yuda, Siswa Kelas XI, sebagai Pemimpin upacara dengan Pembina Kakak Mardiyanto.

Pada saat amanat Pembina upacara, Kakak Mardiyanto menyampaikan terima kasih kepada Kelas X atas kedisiplinannya untuk mengikuti kegiatan Pramuka dan kepada Dewan Ambalan yang telah hadir pada latihan Pramuka ini. Beliau juga mengatakan bahwa ekstrakurikuler Pramuka di SMK Negeri 10 Semarang ini wajib dilakukan oleh Kelas X hingga sampai menjadi Penegak. Kakak Mardiyanto mengatakan bahwa Kelas X yang sebelumnya masih menjadi penggalang semasa di SMP harus mengikuti berbagai rangkaian kegiatan sampai menjadi penegak. Rangkaian kegiatan Kepramukaan tersebut antara lain adalah harus mengikuti latihan Pramuka minimal selama dua kali. Dilanjutkan dengan mengikuti perkemahan Jum’at dan Sabtu, mengikuti Long March, mengambil bedge ambalan Dewa Ruci dan Dewi Lanjar sehingga menjadi Penegak tamu.

Setelah selesai mengikuti apel pembukaan pelatihan Pramuka, Siswa Penggalang Kelas X diperintahkan untuk berkumpul dengan regunya masing-masing yang telah dibagi pada latihan Pramuka minggu lalu. Selanjutnya  diberikan materi oleh Kelas XI selaku Bantara seperti membuat yel-yel pada masing-masing regu. Selain itu, Kelas Dewan ambalan memberikan beberapa informasi terkait hal-hal yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan Perjusa mendatang. Perlengkapan yang harus dibawa dalam Perjusa tersebut antara lain tenda, tali temali, pasak tenda, dan beberapa sembako yang digunakan untuk kegiatan bakti sosial.

Kegiatan perkemahan Jum’at dan Sabtu ini direncanakan akan dilaksanakan di lingkungan SMK Negeri 10 Semarang pada hari Jum’at 5 Agustus 2022, dengan rangkaian acara seperti upacara pembukaan, api unggun dan malam inagurasi, hingga caraka malam. Sedangkan pada hari Sabtu 6 Agustus 2022 adalah upacara penerimaan calon Penegak tamu yang dilaksanakan di Pantai Marina, kemudian kembali menuju pangkalan SMK Negeri 10 Semarang, dan kegiatan ditutup dengan apel kebersihan lingkungan.

Pada dasarnya kegiatan Kepramukaan memiliki banyak tujuan untuk melatih generasi muda agar dapat memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik. Kegiatan perkemahan dalam pramuka merupakan kegiatan yang positif bagi Siswa di SMK Negeri 10 Semarang. Hal ini dikarenakan kegiatan ini membuat Siswa menjadi lebih disiplin, mengajarkan hidup mandiri, membangun karakter gotong royong dan kerja sama, dan lebih mencintai alam sekitar.

Penulis : Resha Oktavian Risanto, MahaSiswa UNNES Lantip Angkatan 2 di SMKN 10 Semarang

Editor: Tim Humas

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar