Info Sekolah
Jumat, 22 Sep 2023
  • SMKN 10 Semarang meraih best kinerja 2022 dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I

Kunjungan Industri SMK Negeri 10 Semarang Ke PT. Indobuana Autoraya

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Swasta

Sebagai wujud realisasi pembelajaran dan keberlanjutan hubungan sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri, maka pada Jum’at, 21 Oktober 2022, SMK Negeri 10 Semarang mengadakan kegiatan kunjungan industri ke Suzuki Motor, tepatnya pada PT. Indomobil Autobuana. Industri tersebut bergerak di bidang otomotif roda dua nasional bahkan internasional (ekspor), dan sudah puluhan tahun berkecimpung dalam persaingan dan perkembangan teknologi bidang otomotif roda dua.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut, antara pihak sekolah dan dunia industri melakukan beberapa diskusi dan penjajakan kerjasama. Banyak hal yang didiskusikan dalam kegiatan tersebut, antara lain pembahasan tentang sinkronisasi kurikulum sekolah dengan dunia industri, pengembangan keterampilan dan skill siswa melalui kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan), diklat penguatan keterampilan guru melalui kegiatan IHT (In House Training), dan lain-lain.

Sinkronisasi kurikulum yang telah dilaksanakan dan disetujui oleh kedua belah pihak meliputi kelas XI dan XII yaitu pada pelajaran mesin, sasis, serta kelistrikan sepeda motor. Diharapkan setelah sinkronisasi ini, pihak industri dapat memahami kemampuan siswa pada setiap tingkatan pendidikan sudah sejauh mana, serta pihak sekolah juga dapat melakukan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pada industri.

“Suzuki selalu siap untuk mendukung kinerja, improvement skill, serta pengetahuan siswa melalui kegiatan PKL. Dan kami juga siap menerima siswa PKL baik untuk penempatan di wilayah Kota Semarang, maupun menyalurkan keluar Kota Semarang. Sehingga harapan kami setelah siswa belajar selama 3 tahun, maka siswa dapat menjadi alumni yang kompeten sesuai dengan program keahliannya”, ujar M. Yusuf selaku pimpinan dari Suzuki Motor.

Hal terakhir yang didiskusikan yaitu meliputi diklat penguatan keterampilan guru, yang rencananya dilaksanakan melalui kegiatan IHT. Pihak sekolah sangat mengharapkan adanya kegiatan ini, dikarenakan pesatnya perkembangan teknologi yang selalu update setiap tahunnya. Sehingga dapat meningkatkan profesionalitas guru ketika melakukan pembelajaran, baik ketika teori di kelas maupun praktik di bengkel. Dan pada akhirnya siswa akan menjadi lebih kompeten, dan dapat menjadi lulusan yang siap bekerja maupun berwirausaha.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis : Joko Suwigyo, S.Pd., S.T. , K3 TBSM.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar