Info Sekolah
Kamis, 22 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

JMS Sahabat Pelajar, Menjadi Pribadi yang Sadar dan Tertib Hukum

Diterbitkan : - Kategori : Instansi / Kesiswaan

Sungguh suatu kebanggaan bagi SMK Negeri 10 Semarang yang bermitra dengan Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Kota Semarang di Pelabuhan Semarang. Karena dengan kemitraan tersebut, kami bersama-sama mendapatkan manfaat yang saling membangun.

Seperti pada kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang diselenggarakan oleh Kantor Cabang Kejaksaan Negeri Kota Semarang tersebut pada hari Selasa, 22 Maret 2022 di SMK Negeri 10 Semarang. Kegiatan yang bertema: “Kenali Hukum, Jauhi Hukuman” tersebut dihadiri oleh Tim Kejaksaan, yaitu:

  1. Bp. Teguh Oki Triwibowo, SH., MH (Kasubsi Intelijen dan Datun)
  2. Ibu Dewi Rahmaningsih, SH (Kasubsi Pidum dan Pidsus)
  3. Ibu Yani Ernawati, SH (Jaksa Fungsional)
  4. Ibu Fithriyah, SH (Jaksa Fungsional)
  5. Bp. Anugrah Noor Hanintyo, SH (Pengolah Data Intelijen)
  6. Bp. Mahendra Ridwanul Ghoni, SH (Analis Penuntutan)
  7. Bp. Rudi Febrianto Wibowo, SH (Analis Penuntutan)
  8. Ibu Fauzia Andromeida (Staf)
  9. Bp. Dimas Agung Bimantoro (Staf)

Kehadiran Tim Kejaksaan tersebut merupakan bentuk kepedulian yang sangat besar kepada dunia pendidikan, yaitu dengan memperhatikan kurangnya pengetahuan di kalangan pelajar tentang kesadaran hukum, sehingga pelajar sangat rentan untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Kepada Siswa yang hadir, Tim Kejaksaan menyampaikan materi tentang fenomena pelanggaran hukum yang sering terjadi dikalangan pelajar yaitu cyberbullying dan tawuran antar pelajar. Dengan mengenalkan pasal 2 KUHP yang berbunyi: “Ketentuan pidana dalam perundang-undangan Indonesia diterapkan bagi setiap orang yang melakukan sesuatu tindak pidana di Indonesia”, telah memberikan kesadaran dan pencerahan kepada seluruh Siswa yang hadir bahwa setiap orang termasuk pelajar wajib menjaga diri sendiri untuk tidak melakukan tindakan pelanggaran hukum yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Kegiatan JMS dari awal hingga akhir telah dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat oleh Tim Kejaksaan, seluruh Siswa, maupun Guru yang mendampingi. Antusiasme dengan mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan, ditunjukkan oleh 51 Siswa yang mengikuti kegiatan JMS tersebut. Bahkan, dengan semangat beberapa Siswa mengajukan pertanyaan yang juga dapat dijawab dengan lugas oleh Tim Kejaksaan.

Terima kasih Tim Kejaksaan yang telah memberikan perhatian kepada kami dalam pengetahuan, pencerahan, dan kesadaran hukum untuk Siswa SMK Negeri 10 Semarang.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Helmi Yuhdana, S.Pd., MM., Pembina OSIS SMK Negeri 10 Semarang

Editor: Tim Humas SMK Negeri 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar