Info Sekolah
Sabtu, 13 Apr 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Jalur Afirmasi PPDB SMA

Diterbitkan : - Kategori : PPDB

Pendidikan adalah hak setiap individu, namun kenyataannya masih ada banyak anak yang terhalang oleh keterbatasan ekonomi, status yatim/piatu, atau bahkan tidak sekolah. Untuk memberikan kesempatan yang adil dan merata, pemerintah melalui kebijakan baru telah meluncurkan Jalur Afirmasi untuk Penerimaan Peserta Didik SMA. Jalur ini secara khusus ditujukan bagi Calon Peserta Didik (CPD) yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu, anak yatim/piatu, anak panti, dan anak tidak sekolah.

Dalam upaya meningkatkan inklusi pendidikan, kuota Afirmasi minimal sebesar 20% dari daya tampung SMA ditetapkan. Hal ini memastikan bahwa peserta didik yang memenuhi kriteria tersebut memiliki akses yang setara dalam mendapatkan pendidikan berkualitas. Dengan adanya jalur ini, diharapkan kesempatan belajar di sekolah-sekolah yang berkualitas dapat lebih terbuka bagi mereka yang sebelumnya sulit mengaksesnya.

Menariknya, peserta didik yang mendaftar melalui jalur afirmasi tidak terikat pada wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan. Artinya, mereka yang berdomisili di dalam maupun di luar wilayah zonasi tetap berhak mengajukan diri melalui jalur ini. Hal ini memberikan fleksibilitas dan kemungkinan bagi CPD yang mungkin tinggal di daerah terpencil atau tidak memiliki sekolah yang memadai di sekitarnya.

Bagi keluarga ekonomi tidak mampu, pemerintah mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial. Data ini digunakan sebagai acuan untuk mengidentifikasi keluarga yang memang membutuhkan bantuan finansial dalam membiayai pendidikan anak-anak mereka. Melalui jalur afirmasi, anak-anak dari keluarga ekonomi tidak mampu dapat memperoleh kesempatan yang setara untuk mengenyam pendidikan yang layak.

Selanjutnya, bagi anak-anak yang berasal dari panti asuhan, data dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah digunakan sebagai referensi. Dengan memperhatikan kondisi mereka yang sudah kehilangan kedua orang tua, melalui jalur afirmasi ini mereka dapat meraih mimpi-mimpi mereka lewat pendidikan yang memadai. Pemerintah berharap dapat memberikan dukungan dan keadilan bagi mereka yang berada di bawah perlindungan lembaga panti asuhan.

Tak ketinggalan, anak yatim/piatu akibat orang tua yang meninggal karena Covid-19 juga diberikan prioritas melalui jalur afirmasi. Data dari Direktorat Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Jawa Tengah menjadi acuan untuk mengidentifikasi mereka yang berhak mendapatkan dukungan tersebut. Dalam masa sulit akibat pandemi ini, pemerintah berupaya memberikan keadilan dan perhatian khusus bagi anak-anak yang kehilangan kedua orang tua mereka.

Terakhir, untuk anak-anak yang tidak memiliki kesempatan sekolah sebelumnya, misalnya mereka yang berasal dari lingkungan masyarakat yang terpinggirkan, pemerintah memberikan prioritas melalui jalur afirmasi ini. Data dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (SIKS-DJ) DTKS menjadi acuan untuk memastikan kebutuhan mereka diperhatikan. Dukungan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan bahwa anak tersebut benar-benar tidak memiliki kesempatan untuk bersekolah juga menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi.

Melalui Jalur Afirmasi untuk Penerimaan Peserta Didik SMA, pemerintah berkomitmen untuk menciptakan kesempatan yang adil bagi semua anak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Dengan memperhatikan keluarga ekonomi tidak mampu, anak yatim/piatu, anak panti, dan anak tidak sekolah, jalur afirmasi ini memberikan peluang baru bagi mereka yang membutuhkan. Semoga dengan langkah ini, kesenjangan dalam akses pendidikan dapat terus diperkecil, dan setiap anak dapat memiliki masa depan yang lebih cerah melalui pendidikan yang layak.

Penulis : Panitia PPDB SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

feby wahyu setiawan
Rabu, 14 Jun 2023

pak maaf ini jalur afirmasi hanya untuk SMA atau bisa juga untuk SMK ya? terimakasih Bapak

Balas

Beri Komentar