Info Sekolah
Jumat, 22 Sep 2023
  • SMKN 10 Semarang meraih best kinerja 2022 dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I

Jadwal PPDB SMA SMK Propinsi Jawa Tengah

Diterbitkan : - Kategori : PPDB

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLN Negeri tahun ini akan melibatkan sebanyak 534.242 siswa lulusan SMP. Namun, hanya ada 225.701 siswa yang beruntung dapat diterima di sekolah negeri. Oleh karena itu, penting bagi lulusan SMP dan orang tua mereka untuk melakukan persiapan yang matang.

Salah satu langkah penting yang harus dilakukan adalah memahami jadwal PPDB SMA dan SMK Negeri tahun 2023. Jadwal ini mencakup serangkaian tahapan yang harus diikuti dengan cermat. Berikut adalah jadwal tersebut:

  1. Penetapan Zonasi – 15 Mei 2023: Pada tanggal ini, diumumkan penetapan zonasi untuk masing-masing sekolah. Zonasi ini akan menentukan wilayah mana saja yang berhak mendaftar di sekolah tersebut.
  2. Pengumuman PPDB – 12 Juni 2023: Pada tanggal ini, informasi PPDB SMA dan SMK Negeri akan diumumkan kepada Calon Peserta Didik Baru dan masyarakat. Siswa dan orang tua harus memperhatikan pengumuman ini untuk mengetahui informasi PPDB yang meliputi jadwal, alur, dan persyaratan pendaftaran, serta karakteristik sekolah pilihan secara lengkap.
  3. Pembuatan dan Aktivasi Akun – 15 Juni – 27 Juni 2023: Tahap ini melibatkan pembuatan akun peserta dan aktivasi akun tersebut melalui link https://ppdb.jatengprov.go.id/. Siswa dan orang tua harus memastikan bahwa mereka memiliki akun yang valid dan aktif.
  4. Pendaftaran dan Perubahan Sekolah Pilihan – 23 – 27 Juni 2023: Pada periode ini, siswa dapat mendaftar dan melakukan perubahan sekolah pilihan mereka melalui sistem PPDB yang telah disediakan. Penting bagi mereka untuk mempertimbangkan pilihan mereka dengan hati-hati dan mengikuti petunjuk yang diberikan.
  5. Pengumuman Hasil PPDB – 30 Juni 2023: Pada tanggal ini, hasil akhir PPDB akan diumumkan. Siswa dan orang tua harus memeriksa pengumuman ini untuk mengetahui apakah mereka diterima di sekolah yang mereka inginkan.
  6. Daftar Ulang – 03 – 06 Juli 2023: Tahap ini melibatkan proses daftar ulang di sekolah yang telah diterima. Siswa dan orang tua harus melengkapi semua dokumen yang diperlukan dan mengikuti petunjuk yang telah ditetapkan.
  7. Awal Tahun Ajaran Baru – 17 Juli 2023: Pada tanggal ini, tahun ajaran baru di SMA, SMK, dan SLN Negeri akan dimulai. Siswa yang telah diterima harus siap untuk memulai perjalanan pendidikan mereka di sekolah baru.

Dengan memahami jadwal PPDB SMA dan SMK Negeri tahun 2023 ini, lulusan SMP dan orang tua mereka dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mereka harus memastikan bahwa mereka memiliki akun yang valid, memilih sekolah dengan bijak, dan melengkapi semua persyaratan yang diperlukan.

Selain itu, penting juga bagi siswa dan orang tua untuk menjaga komunikasi yang baik dengan sekolah-sekolah yang mereka tuju. Jika ada pertanyaan atau kebingungan, mereka dapat menghubungi pihak sekolah untuk memperoleh informasi yang diperlukan.

PPDB SMA dan SMK Negeri adalah langkah penting dalam perjalanan pendidikan siswa. Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik tentang jadwal dan prosedur, diharapkan siswa dan orang tua dapat menghadapi proses ini dengan lebih lancar. Semoga semua lulusan SMP berhasil mendapatkan tempat di sekolah pilihan mereka dan meraih kesuksesan dalam pendidikan mereka di masa depan.

Penulis : Panitia PPDB SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Kamis, 15 Jun 2023

Memilih smk 10 karna bagus

Balas

Beri Komentar