Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

IHT Penyusunan KOSP Dengan Profil Pelajar Pancasila

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Guru dan TU

Menurut UU Sisdiknas/2003, Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Berdasarkan UU tersebut di atas serta perkembangan dunia pendidikan yang sangat dinamis, Pemerintah pusat menetapkan kerangka dasar dan struktur kurikulum yang menjadi acuan untuk pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP).

Sementara, KOSP tersebut memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Sehingga, untuk dapat menjadikannya bermakna, KOSP dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan Peserta Didik dan satuan pendidikan.

Sejak ditetapkan, KOSP belum banyak dipahami oleh seluruh Guru di satuan pendidikan, sehingga perlu adanya sosialisasi untuk pemahaman KOSP hingga pelaksanaan yang efisien, efektif, dan bermakna di satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pembelajaran oleh Guru kepada Peserta Didik. Memperhatikan kondisi tersebut, Bp. Ardan Sirodjuddin, S.Pd, selaku Kepala SMK Negeri 10 Semarang dengan sigap melaksanakan In House Training (IHT) Penyusunan KOSP.

Dengan Narasumber Bp. Drs. Pandoyo Edi Hartomo, M.Pd (Pengawas Pembina SMK) dan Bp. Ardan Sirodjuddin, S.Pd (Kepala SMKN 10 Semarang), IHT dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Juni 2022, yang diikuti oleh seluruh Guru SMK Negeri 10 Semarang. Ternyata, Peserta IHT tidak hanya diikuti oleh Guru SMK Negeri 10 Semarang, tetapi juga sangat diminati oleh banyak Guru dari berbagai SMK baik di Kota Semarang maupun Kota/Kabupaten lain. Sehingga, karena keterbatasan tempat untuk sementara pihak Panitia IHT memberi kesempatan untuk 20 (duapuluh) Peserta Guru dari 12 (duabelas) SMK Negeri/Swasta.

Dengan pelaksanaan IHT tersebut, SMK Negeri 10 Semarang berperan aktif dan berbagi manfaat kepada Guru atau SMK lain dalam sosialisasi KOSP. Seluruh Peserta IHT mengikuti dengan sangat antusias dan penuh semangat memperhatikan materi dan pemaparan yang disampaikan oleh Narasumber, mulai dari pengertian dan pemahaman KOSP, hingga penyusunan ATP dan Modul Ajar dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Antusiasme Peserta IHT ditunjukkan dengan beberapa pertanyaan dari Peserta mengenai KOSP yang menarik dan kritis, serta keikutsertaan Peserta yang tidak beranjak mulai jam 07.30 hingga akhir kegiatan pada jam 15.00 WIB.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Tim Humas SMK Negeri 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar