Info Sekolah
Jumat, 01 Des 2023
  • SMKN 10 Semarang lolos sebagai SMK Pusat Keunggulan Tahun 2023

Guru SMKN 10 Semarang Ikuti Pelatihan Thematic Academy Kominfo

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 26 Mei 2023 – Dalam upaya mendorong implementasi program Digital Talent Scholarship (DTS) sebagai bagian dari program prioritas pembangunan nasional, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan Thematic Academy (TA) khusus bagi para tenaga pendidik atau Guru SMA/SMK di Provinsi Jawa Tengah.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari hari Selasa hingga Kamis, 23 hingga 25 Mei 2023, dihadiri oleh sejumlah guru yang memiliki keinginan kuat untuk meningkatkan keterampilan digital mereka. Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Yogyakarta menjadi penyelenggara utama pelatihan ini.

Dalam pelatihan Thematic Academy (TA) ini, peserta diberikan materi yang berfokus pada pengembangan kemampuan di bidang Data Science untuk Guru, Aplikasi Perkantoran untuk Guru, dan Desain Grafis untuk Guru. Materi pelatihan yang disusun dengan baik ini bertujuan untuk memperluas pemahaman dan keterampilan guru dalam pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran.

Salah satu sekolah yang turut mengirim perwakilan adalah SMKN 10 Semarang. Tiga orang guru dari SMKN 10 Semarang, yaitu Septiyo Ariyanto, Imamul Huda, dan Slamet Pujianto, telah berpartisipasi dalam pelatihan ini. Keikutsertaan mereka menunjukkan komitmen sekolah dalam mendukung pengembangan kapabilitas digital guru-guru mereka.

Septiyo Ariyanto, salah satu peserta pelatihan dari SMKN 10 Semarang, mengungkapkan, “Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini. Materi pelatihan yang disajikan sangat relevan dengan tugas kami sebagai guru. DTS memberikan kami kesempatan untuk mengasah keterampilan digital kami agar dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik kepada siswa-siswa kami.”

Pelatihan Thematic Academy (TA) ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas pembelajaran di Provinsi Jawa Tengah. Dengan adanya guru-guru yang memiliki keterampilan digital yang kuat, diharapkan siswa-siswa SMA/SMK akan mendapatkan pembelajaran yang lebih dinamis, kreatif, dan relevan dengan perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang.

DTS dan pelatihan Thematic Academy (TA) merupakan langkah konkret pemerintah untuk meningkatkan kemampuan digital para guru di Indonesia. Melalui upaya ini, diharapkan guru-guru dapat menjadi fasilitator yang mampu mengintegrasikan teknologi digital dengan efektif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat melahirkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan di era digital.

Penulis : Septiyo Ariyanto, Guru KKB SMKN 10 Semarang

EditorĀ  : Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

4 Komentar

Yudha
Jumat, 26 Mei 2023

Keren

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Jumat, 26 Mei 2023

Kegiatan pelatihan yang luar biasa bermanfaat menambah wawasan dan menularkan ilmuny tentang digital

Balas
Suhermawan
Jumat, 26 Mei 2023

Jangan lupa membagi ilmunya pada rekanĀ², Pak Septiyo.

Balas
Djokosaputro
Minggu, 28 Mei 2023

Mantap

Balas

Beri Komentar