Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Gerakan “Semarang Wegah Nyampah” Mewujudkan Sekolah Ramah Lingkungan

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Instansi / Kesiswaan / Pendidikan

Rabu, 13 Desember 2023, semarak kegiatan OSIS bertajuk Ozean Fest 2023 terasa di lingkungan SMK Negeri 10 Semarang. Berbagai acara hiburan mulai dari penampilan grup band yang diwakili oleh masing-masing jurusan hingga kegiatan  “market day” dengan gelaran stand yang menjual berbagai makanan, snack, minuman, dan souvenir hasil karya Siswa.

Kemeriahan acara dihadiri pula oleh Ibu Dian Afiana Purnama, SS., bersama tim dari Bagian Kompimpro Setda Kota Semarang yang mengkampayekan “Semarang Wegah Nyampah”. Berdasarkan Perwal Kota Semarang Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pengendalian Sampah Plastik, program “Semarang Wegah Nyampah” ini bertujuan untuk mengedukasi Warga Kota Semarang khususnya Siswa SMK Negeri 10 Semarang untuk pengurangan penggunaan plastik dan mempraktikkan ramah lingkungan.

“Melalui gerakan Semarang Wegah Nyampah di event Ozean Fest SMK Negeri 10 Semarang, kami mengajak seluruh Siswa SMK Negeri 10 Semarang salah satunya untuk membudayakan penggunaan tumbler untuk air minum dari rumah, sehingga tidak perlu membeli air minum di sekolah yang menggunakan plastik sebagai wadah sehingga akan menjadi sampah plastik yang bertumpuk. Selain memberi kesadaran untuk ramah lingkungan, air minum yang dibawa oleh Siswa juga lebih sehat, higienis, dan murah”, demikian pemaparan yang disampaikan oleh Ibu Dian Afiana Purnama, SS.

Tidak hanya memberikan sosialisasi, Tim juga membagi beberapa hadiah menarik bagi setiap Siswa dan Guru yang dapat menjawab beberapa pertanyaan, diantaranya tas ramah lingkungan dan tumbler. Siswa menyambut dengan sangat baik dan penuh keceriaan setiap pemaparan yang disampaikan oleh Tim, sehingga Siswa dapat termotivasi untuk melakukan mulai dari hal yang kecil dan baik untuk merawat lingkungan SMK Negeri 10 Semarang.

“Mudah-mudahan, kehadiran Tim “Semarang Wegah Nyampah” di sekolah ini dapat berlanjut dengan kegiatan yang nyata dalam mewujudkan sekolah yang ramah lingkungan melalui kemitraan antara SMK Negeri 10 Semarang dan Pemerintah Kota Semarang”, tambah Bapak Arimurti Asmoro, S.Pd., M.Pd., mendukung program yang sangat baik tersebut.

Kegiatan OSIS dalam rangkaian acara Ozean Fest 2023 tidak hanya memberi hiburan kepada Siswa setelah mengikuti proses pembelajaran pada semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024, tetapi juga memberi manfaat yang sangat besar kepada seluruh Siswa dalam melakukan gerakan sekolah ramah lingkungan bersama Tim “Semarang Wegah Nyampah” Pemerintah Kota Semarang.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Tim Humas

Artikel ini memiliki

6 Komentar

Suparman, S.Pd
Rabu, 13 Des 2023

Mantap

Balas
Dra.Warni
Rabu, 13 Des 2023

Bagus ayo galakkan budaya hidup bersih

Balas
Verry y
Kamis, 14 Des 2023

Keren semoga bisa untuk K.10

Balas
Hesti S
Jumat, 15 Des 2023

SMK N 10 Semarang peduli lingkungan. JOOOSS 👍

Balas
Landung jati ismoyo
Rabu, 20 Des 2023

Betul.kebersihan sebagian dari iman .biasakan dan budayakan hidup bersih dan sehat.
Bila perlu ,siswa smk 10semarang diajarkan mengelola sampah dengan reuse,recycle dan reduce .semoga dapat membuat alat untuk mengelola sampah menjadi barang yg bernilsi dan bermanfaat. 👍👍

Balas
Mulyo S
Senin, 1 Jan 2024

Ayoo..kita galakkann..pedulii sampah disekitar kita..

Balas

Beri Komentar