Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Kearifan Lokal – Restoran Khas Semarang Berjalan Sukses

Diterbitkan : - Kategori : Berita / P5

Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Kearifan Lokal – Restoran Khas Semarang” di SMK Negeri 10 Semarang diselenggarakan pada Kamis (2/3/2023) awal bulan ini. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh semakin pentingnya pendidikan karakter di Indonesia, yang menekankan pada pengembangan nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi utama pembangunan karakter bangsa. Pendidikan karakter di Indonesia telah diatur dalam Kurikulum 2013 dan diimplementasikan dalam semua jenjang pendidikan.

Salah satu nilai yang penting dalam pendidikan karakter adalah kearifan lokal. Kearifan lokal mencakup berbagai nilai dan tradisi yang terdapat dalam masyarakat Indonesia, seperti budaya, adat istiadat, agama, dan kearifan lokal lainnya. Nilai-nilai ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembentukan karakter pelajar yang berintegritas, beretika, dan bertanggung jawab.

Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Kearifan Lokal – Restoran Khas Semarang” yang diselenggarakan di aula SMK Negeri 10 Semarang ini bertujuan untuk mengatasi kendala tersebut dengan melibatkan pelajar dalam pengembangan dan penguatan nilai-nilai kearifan lokal dalam diri mereka. Melalui proyek ini, pelajar akan didorong untuk mengembangkan kesadaran dan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai kearifan lokal, serta mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini diharapkan dapat membantu pelajar untuk menjadi generasi muda yang berbudaya, beretika, dan memiliki karakter yang kuat.

Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Kearifan Lokal – Restoran Khas Semarang” dimulai dengan literasi digital pada tanggal 20 Februari 2023 sampai 3 Maret 2023, yang berisi modul – modul proyek tentang kesenian dan makanan khas Semarang serta vlog (pembuatan video). Dan puncak dari kegiatan adalah dilangsungkannya gelar karya dari hasil proyek yang telah dibuat yaitu dengan membuat restoran khas Semarang yang dipadukan dengan penampilan kesenian dan makanan khas Semarang serta di buat vlog untuk di upload di media sosial.

Kegiatan Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Kearifan Lokal – Restoran Khas Semarang” diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan potensi pelajar dan kearifan lokal di Semarang. Melalui pengembangan restoran khas Semarang, pelajar dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan menu makanan yang beragam dan menarik serta mengembangkan konsep restoran yang unik dan menarik bagi pengunjung. Selain itu, pelajar juga dapat meningkatkan penguatan profil Pancasila dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dan kearifan lokal dalam pengembangan restoran khas Semarang. Hal ini dapat membantu pelajar dalam pengembangan karakter yang kuat, beretika, dan berintegritas.

Penulis : Andhen Priyono, M.Kom

Editor  : Tim Humas SMKN 10 Semarang

 

Artikel ini memiliki

1 Komentar

Dico Prasetyo
Jumat, 3 Mar 2023

terima kasih untuk bp ibu guru yg telah mendidik saya,,, terima kasih untuk ilmu nya n kesabarannya selama ini.
mohon maaf sebesar besarny untuk salah n sikapn selama ini.

Balas

Beri Komentar