Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Ecobriks, Melatih Kreatifitas dengan Memanfaatkan Barang Plastik Bekas

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kesiswaan / Pelatihan / Pendidikan / Prestasi / Tefa / Teknologi

Sabtu, 29 Mei 2023 – SMK Negeri 10 Semarang, yang diwakili oleh Pengurus OSIS mendapat undangan dan kesempatan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh PT. Marimas Putera Kencana. Materi dalam pelatihan tersebut adalah pemanfaatan barang dari bahan platik bekas menjadi suatu benda yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Kegiatan yang di laksanakan di Aula Marifood, Kawasan Industri Candi Gatot Subroto Semarang tersebut diikuti juga oleh beberapa anak-anak muda secara pribadi maupun dari sekolah, perguruan tinggi, serta komunitas yang berasal berbagai kota.

Melalui pelatihan dengan pemanfaatan benda atau barang dari bahan platik seperti: botol plastik, bungkus plastik, jas hujan tidak terpakai, tas plastik kresek, dan sebagainya, yang merupakan bahan yang tidak mudah atau tidak dapat terurai menjadi benda yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, maka terciptalah salah satu benda yang bernama Ecobriks. Ecobriks adalah botol plastik yang diisi dengan potongan-potongan bahan plastik bekas hingga padat, yang disusun dengan botol plastik lainnya menjadi sebuah balok yang kuat dan kokoh. Balok-balok tersebut dapat digunakan untuk dasar dudukan kursi, meja, pilar, dinding bangunan sederhana, dan sebagainya.

“PT. Marimas, sebagai salah satu produsen minuman dan makanan ringan yang menggunakan bahan dari plastik sebagai bungkus atau kemasan, memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai konsumen PT. Marimas maupun produksi lainnya, agar tidak membuang bungkus plastik yang sudah terpakai secara sembarangan, melainkan dapat memanfaatkan bungkus tersebut menjadi sebuah benda yang berguna,” demikian pemaparan yang disampaikan oleh Bp. Lantip Waspodo yang biasa disapa Pak Ood selaku Narasumber sekaligus Koordinator Trainer Marimas Ecobrikss.

Pada kesempatan pelatihan ini, sebelum praktik membuat ecobriks, Pak Ood memberikan edukasi materi tentang asal-usul bahan plastik, proses daur ulang plastik, bahaya bahan plastik terhadap lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik, hingga pemanfaatan bahan plastik bekas menjadi benda yang berguna yaitu salah satunya menjadi ecobriks. Suasana pelatihan pada sesi pemaparan materi yang disampaikan Pak Ood begitu ringan, ceria, dan sangat menyenangkan, sehingga seluruh Peserta Pelatihan dapat memahami dengan tanya jawab antara Narasumber dan Peserta. Bahkan disela-sela pelatihan, Peserta disuguhkan hidangan minuman yang nikmat dan sehat, produk dari PT. Marimas, menambah semangat dari seluruh Peserta untuk mengikuti pelatihan yang sangat berguna tersebut.

“Pelatihan ecobriks memberikan pengetahuan dan keterampilan yang baru kepada seluruh Peserta, khususnya Siswa SMK Negeri 10 Semarang untuk tidak membuang bungkus sembarangan, tetapi dapat mengelola bungkus khususnya plastik untuk dimanfaatkan menjadi benda yang bermanfaat di lingkungan sekolah,” kesan Bp. Aris Guntoro, S.Sn selaku Guru yang mendampingi Siswa. Menanggapi kesan yang disampaikan Pak Aris, Ibu Husna Amalana, S.Pd., M.Pd pun menambahkan, “Pelatihan yang sangat bagus, karena melatih anak-anak muda peduli dengan lingkungan, agar segala bahan plastik tidak mencemari lingkungan dan makhluk hidup, tetapi menjadi benda yang berguna, awet, dan murah.” Tidak kalah dari Bapak dan Ibu Guru, salah satu Pengurus SMK Negeri 10 Semarang, Akbar Maulana Afandi, pun menyampaikan antusiasmenya,”Pelatihan ecobriks ini sangat menyenangkan kami tidak hanya menjadi tahu asal-usul plastik, memanfaatkan plastik bekas, tetapi mendapatkan sahabat baru dari Peserta lain, bahkan dapat menikmati hidangan yang sangat nikmat dari penyelenggara.”

Melalui pelatihan ecobriks ini, PT. Marimas sangat terbuka untuk memberikan pelatihan kepada seluruh anggota masyarakat, sekolah, perguruan tinggi, komunitas, maupun instansi/lembaga manapun untuk belajar memanfaatkan barang dari plastik bekas menjadi benda yang berguna. Bahkan, setelah mengikuti pelatihan, setiap Peserta juga mendapatkan sertifikat yang diberikan oleh pihak Panitia, dengan tujuan Peserta dapat menularkan ilmu dan keterampilan yang baik tersebut kepada anggota masyarakat lainnya di sekitar lingkungan mereka.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis dan Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Nicko
Selasa, 2 Mei 2023

SMKN 10 jaya selalu

Balas
Aditya
Rabu, 10 Mei 2023

SMKN 10 Semarang jaya

Balas

Beri Komentar