Info Sekolah
Jumat, 12 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Gelar Rapat Koordinasi Online dengan Kepala SMAN, SMKN, dan SLBN

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 02 Januari 2024. Dalam rangka Penguatan Penyelenggaraan Pendidikan Tahun 2024 bagi Satuan Pendidikan (SMA/SMK/SLB Negeri) di Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan rapat koordinasi secara online melalui zoom meeting pada hari Selasa, 02 Januari 2024 pukul 09.00 WIB. Rapat koordinasi ini diikuti oleh Kepala SMAN, SMKN dan SLBN se Jawa Tengah.

Rapat koordinasi online ini bertujuan untuk menyampaikan arahan, bimbingan, dan evaluasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah kepada Kepala SMAN, SMKN dan SLBN se Jawa Tengah, terkait dengan pelaksanaan program-program pendidikan yang telah dan akan dilakukan.

Rapat koordinasi online ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Ibu Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd, M.Pd. Beliau memberikan arahan dan apresiasi kepada seluruh kepala sekolah atas prestasi-prestasi yang telah diraih selama tahun 2023, baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Beliau juga mengingatkan bahwa tahun ini adalah tahun politik, karena pada bulan Februari 2024 akan ada pemilihan umum. Beliau berpesan agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan baik, tanpa terganggu oleh isu-isu politik yang bisa menimbulkan perpecahan. Beliau juga menekankan bahwa kepala sekolah dan guru harus bersikap netral dalam pemilu, tidak memihak atau mendukung salah satu calon atau partai. Beliau mengatakan bahwa tugas kita sebagai pendidik adalah membentuk karakter siswa yang cerdas, berakhlak, dan demokratis. Beliau berharap agar kita semua bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menghormati pilihan masyarakat.

Selain itu, Ibu Kadinas juga menginstruksikan agar kepala sekolah menyiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan baik, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Beliau menginginkan agar sekolah kami bisa menerima siswa-siswa yang berpotensi dan berprestasi, tanpa membeda-bedakan latar belakang sosial, ekonomi, atau budaya.

Beliau juga mengapresiasi gerakan ayo rukun yang telah dilakukan oleh sekolah, dengan mengadakan deklarasi anti kekerasan. Beliau mengatakan bahwa gerakan ini sangat penting untuk menciptakan suasana sekolah yang harmonis, aman, dan nyaman bagi seluruh warga sekolah.

Terakhir, Ibu Kadinas juga memberikan apresiasi kepada kurikulum yang telah dilaksanakan oleh sekolah kami, yang mengutamakan kolaborasi antar mata pelajaran dengan project based learning. Beliau menilai bahwa kurikulum ini sangat sesuai dengan tuntutan zaman, yang mengharuskan siswa untuk memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Beliau berharap agar kurikulum ini bisa terus ditingkatkan dan dikembangkan, agar siswa bisa siap menghadapi tantangan masa depan.

Setelah mendengarkan arahan dari Ibu Kadinas, peserta kemudian dimasukkan ke dalam breakout room sesuai jenjang SMA/SMK/SLB. SMKN 10 Semarang masuk dalam kelompok SMK. Sebanyak 220 SMK hadir dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kepala Bidang SMK Bapak Ainur Rojik.

Dalam arahannya, Bapak Ainur Rojik menegaskan kembali agar kepala sekolah dan guru tidak berpihak dalam pemilihan umum yang akan digelar pada bulan Februari 2024. Beliau mengatakan bahwa tugas pendidik adalah membina siswa untuk menjadi warga negara yang cerdas, berakhlak, dan demokratis, tanpa terpengaruh oleh isu-isu politik yang bisa menimbulkan perpecahan.

Beliau juga menginstruksikan agar sekolah menyiapkan dokumen kurikulum tahun pelajaran 2024/2025 dengan baik, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Beliau mengatakan bahwa kurikulum yang terbaik adalah kurikulum yang mengikuti perkembangan zaman, yang mampu menjawab tantangan dan kebutuhan masa depan. Beliau menambahkan bahwa kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum merdeka, yang memberikan kebebasan kepada sekolah untuk menentukan kompetensi dan materi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan potensi siswa.

Beliau juga menekankan pentingnya implementasi kurikulum merdeka sebagai ujung tombak pengembangan potensi siswa secara aktif. Beliau mengatakan bahwa kurikulum merdeka mengutamakan pembelajaran berbasis proyek, yang melibatkan kolaborasi antar mata pelajaran dan lintas sektor. Beliau berharap agar sekolah bisa mengembangkan proyek-proyek yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif siswa.

Penulis : Muhammad Yunan Setyawan, S.Pd, Guru SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

32 Komentar

Rodhatin
Minggu, 7 Jan 2024

Semoga sukses dan lancar

Balas
Joko m
Minggu, 7 Jan 2024

Menbah wawasan yang positif 👍

Balas
Elmina Ita Kusumawardani
Senin, 8 Jan 2024

Menambah ilmu dan wawasan…

Balas
Djoko saputro .
Senin, 8 Jan 2024

Menambah pengetahuan .

Balas
Janto
Senin, 8 Jan 2024

Sangat bermanfaat

Balas
Af'idatin
Senin, 8 Jan 2024

Semoga pendidikan di Jawa Tengah semakin maju

Balas
Suwarni.
Senin, 8 Jan 2024

Sukses SMKN 10 Semarang, yang terbaik 👍👍👍

Balas
Helmi Yuhdana H
Senin, 8 Jan 2024

Sukses dan Lancar yess

Balas
Suginah
Senin, 8 Jan 2024

Luar biasa 👍👍

Balas
Suparyati
Senin, 8 Jan 2024

Mantap

Balas
Aprilia Dwi Asriani
Senin, 8 Jan 2024

Bermanfaat dan sukses untuk SMK N 10

Balas
Drs. Mustofa, M.Si
Senin, 8 Jan 2024

Semoga sinkronisasi program dan evaluasi kinerja sekolah makin membuat segalanya berjalan on the track.

Balas
verry wijaya
Senin, 8 Jan 2024

semoga bisa berjalan baik sesuai arahan ibu Ka.Dinas dan PPDB 2024 berjalan sukses

Balas
Joko Suwignyo
Senin, 8 Jan 2024

Semoga menambah cakawala wawasan

Balas
Septiyo Ariyanto
Senin, 8 Jan 2024

Mantap luar biasa

Balas
johan h
Senin, 8 Jan 2024

Smkn 10 semarang terus berkarya selalu jaya

Balas
Mita
Senin, 8 Jan 2024

Sangat bermanfaat dan menambah wawasan 😊

Balas
Lestari
Senin, 8 Jan 2024

Mantap

Balas
Mulyo S
Senin, 8 Jan 2024

Mantap…menambahh ilmu..👍

Balas
Antar Subandono
Senin, 8 Jan 2024

SMK N 10 netral dalam pemilu 2024…

Balas
Kholifah Martha
Senin, 8 Jan 2024

Mantaabb

Balas
Yusuf Trisnawan
Senin, 8 Jan 2024

Siiippppp

Balas
Muslim Anwar
Senin, 8 Jan 2024

Mantap dan luar biasa

Balas
Tri Hartutik
Senin, 8 Jan 2024

SMK 10 luar biasa

Balas
Anni Rahayuningsih
Senin, 8 Jan 2024

Semangat 👍👍👏👏👏

Balas
T. Harry S
Senin, 8 Jan 2024

Pentingnya sebuah proses dalam menyatukan dan mengintegrasikan kepentingan bersama. Tetap semangat

Balas
Dwi Palupi
Senin, 8 Jan 2024

Good

Balas
Suparman, S.Pd
Senin, 8 Jan 2024

Semangat

Balas
Ngatinah
Senin, 8 Jan 2024

Mantap SMK 10 Semarang selalu berkarya

Balas
Landung jati ismoyo
Selasa, 9 Jan 2024

Sukses selalu untuk smkn 10 semarang.

Balas
Ferdi
Rabu, 10 Jan 2024

Alhamdulillah tetap semangat

Balas
Anis Indri
Rabu, 10 Jan 2024

Semangat selalu

Balas

Beri Komentar