Info Sekolah
Jumat, 26 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Refleksi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Diterbitkan :

Pada kegiatan belajar mengajar, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah refleksi pembelajaran. Refleksi pembelajaran merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang mengharuskan Peserta Didik untuk memberikan umpan balik secara lisan dan tertulis kepada Guru di dalam kelas. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, kegiatan refleksi menjadi kegiatan yang sangat penting, tidak hanya menjadi umpan balik namun juga menjadi ulasan untuk menerapkan kosakata dalam Bahasa Inggris pada saat menulis refleksi.

Kegiatan refleksi menjadi kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan Peserta Didik untuk mengekspresikan kesan mereka secara konstruktif dan eksploratif dengan menyampaikan kelebihan dan kelemahan selama proses pembelajaran berlangsung. Dari refleksi pembelajaran tersebut, Guru dapat melihat seberapa jauh pencapaian kegiatan pembelajaran dan kemampuan Peserta Didik dalam menulis ataupun mengucapkan kalimat menggunakan Bahasa Inggris. Hal tersebut juga dapat melatih kepercayaan diri Peserta Didik untuk mengungkapkan kesan, pesan, dan pendapat untuk memperbaiki kegiatan belajar sesuai dengan minat yang mereka inginkan.

Berikut ini merupakan tujuan dari penulisan refleksi pembelajaran, yaitu:

  • Mengidentifikasi dan mengevaluasi penguasaan kelas dan penyampaian materi dari Guru;
  • Mengetahui kebutuhan Peserta Didik agar Guru dapat memperbaiki rancangan pembelajaran yang lebih interaktif dan kreatif sehingga pembelajaran berikutnya bisa berlangsung lebih efektif;
  • Melakukan evaluasi penerapan metode pembelajaran terhadap tingkat keberhasilan yang telah dilakukan oleh Guru.

Refleksi Pembelajaran memberikan manfaat bagi Guru, antara lain: (1) Aktivitas refleksi berguna sebagai peninjauan pada kelas atau sebuah kelompok; (2) Refleksi pembelajaran dapat berguna untuk melihat situasi dan kondisi di dalam kelas; (3) Guru dapat memanfaatkan refleksi pembelajaran untuk mengulas apa yang terjadi pada Peserta Didik dan masalah yang mereka temui ketika mempelajari Bahasa Inggris; (4) Guru dapat memaksimalkan potensi setiap Peserta Didik dalam melatih kemampuan menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris; (5) Guru dapat memetakan karakter dan daya tangkap Peserta Didik yang akan berguna untuk memudahkan dalam pemberian materi dan pembagian kelompok belajar.

Sedangkan bagi Peserta Didik, Refleksi Pembelajaran bermanfaat untuk: (1) Dapat menilai baik atau tidaknya pembelajaran yang telah berlangsung; (2) Peserta Didik dapat menyalurkan ekspresi positif terhadap Guru yang berkaitan dengan proses belajar mengajar; (3) Peserta Didik dapat memanfaatkan refleksi untuk menuliskan kesulitan dan saran meode pembelajaran yang mereka minati untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris mereka.

Refleksi Pembelajaran dapat dilaksanakan dalam:

  • Materi pembelajaran
  • Media pembelajaran
  • Peran Guru untuk menumbuhkan motivasi Peserta Didik di dalam kelas
  • Metode pembelajaran

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Iswatun Chasanah, S.Pd., M.Pd., Guru PPL PPG Unnes Mapel Bahasa Inggris

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Dail Umamil Asri
Kamis, 3 Nov 2022

Sangat bermanfaat serta menambah wawasan bagi pembaca 🙏

Balas

Beri Komentar