Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Pentingnya Mata Pelajaran Gambar Teknik Bagi Dunia Industri

Diterbitkan :

Pendidikan kejuruan adalah pendidikan  khusus yang direncanakan untuk menyiapkan  Siswa guna memasuki dunia kerja, serta mampu mengembangkan sikap-sikap profesional dibidang profesi tertentu. Menurut Rupert Evans (1978) pendidikan kejuruan adalah bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan seseorang agar lebih mampu bekerja pada satu kelompok pekerjaan atau satu bidang pekerjaan daripada bidang-bidang pekerjaan lainnya.

Siswa yang dipersiapkan untuk dapat bekerja dalam bidang keahlian Teknik Mesin perlu diketahui kemampuannya dalam kompetensi menggambar pemesinannya, sebab dalam dunia industri, gambar teknik merupakan alat untuk menyatakan ide atau gagasan ahli teknik, sehingga gambar Teknik sering juga disebut sebagai “bahasa teknik”(Juhana dan Suratman, 2012: 12).

Gambar teknik adalah bentuk gagasan atau ide mengenai suatu sistem, proses, cara kerja, konstruksi, diagram, rangkaian dan petunjuk teknis yang dinyatakan dalam bentuk gambar teknis dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dan instruksi acuan kerja. Fachzeichnen VSSM-Normen, (1997:12). “Gambar teknik adalah bentuk gagasan konstruksi garis. Melalui suatu gambar teknik, kita melimpahkan pemikiran ke dalam gambar, untuk menunjang gambaran atau untuk membuat orang lain memahami informasi tersebut.

Gambar teknik digunakan oleh perencana dan pelaksana sebagai alat komunikasi dalam bentuk bahasa gambar sehingga lebih praktis, jelas, dan mudah dipahami oleh kedua belah pihak tersebut. Untuk itu perencana harus membuat gambar teknik yang lengkap sesuai dengan standar yang berlaku dan mudah dipelajari oleh pelaksana.

Dalam sebuah perancangan produk, gambar teknik berperan penting karena berguna sebagai media penyambung antara sang perancang dengan orang-orang yang bersangkutan. Orang yang bersangkutan itu diantaranya, seperti perencenaan proses, pembuatan, pemerikasaan, perakitan, dan sebagainya.

Penulis: Aditya Ardiansyah, Mahasiswa UNNES Lantip Angkatan 2 di SMKN 10 Semarang

Editor: Tim Humas

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar