Info Sekolah
Jumat, 18 Okt 2024
  • Guru PAI SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru PAI Berprestasi Kemenag Kota Semarang##SMKN 10 Semarang Juara 2 Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat Tk. Nasional

Penggunaan Fitur Pertanyaan di Google Classroom untuk Tugas Diskusi Siswa

Diterbitkan :

Sebagai Guru, tentunya kita sering memberikan tugas diskusi kelompok pada Siswa. Dengan membagi Siswa sekelas menjadi beberapa kelompok yang biasanya beranggotakan 3-6 Siswa. Ada beberapa poin penting sebagai panduan bagi Guru untuk memberikan tugas diskusi kelompok, yaitu:

  1. Pilih Topik yang Menarik. Sebelum memberikan tugas, pastikan Anda memilih topik yang relevan dan menarik bagi Topik yang menarik akan memotivasi mereka untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi.
  2. Jelaskan Tujuan Diskusi. Sampaikan tujuan dari diskusi kelompok kepada Misalnya, apakah tujuannya untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, memahami sudut pandang berbeda, atau mengembangkan keterampilan kerjasama?
  3. Bentuk Kelompok dengan Komposisi yang Heterogen. Pastikan kelompok terdiri dari Siswa dengan tingkat kemampuan Bahasa Inggris yang berbeda. Ini akan memperkaya diskusi dan memungkinkan Siswa saling belajar satu sama lain.
  4. Siapkan Materi atau Topik Diskusi. Berikan materi atau topic diskusi kepada Siswa sebelum p Pastikan materi tersebut relevan dengan kurikulum.

Seiring perkembangan teknologi, Guru bias menyelenggarakan diskusi Siswa melalui aplikasi. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur “Pertanyaan” dalam aplikasi Google Classroom. Penulis sudah pernah memanfaatkan fitur ini dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas XI RPL 1 di semester genap ini dan secara mengejutkan, respon para Siswa terlihat aktif secara merata. Siswa yang biasanya terlihat minder berbicara, melalui fitur di aplikasi ini mereka mampu berpartisipasi aktif dengan kontribusi pendapat secara tertulis berupa tanggapan, komentar, saran ataupun kritik terhadap jawaban teman-temannya atas pertanyaan awal dari Guru.

Berikut adalah beberapa langkah dan manfaat penggunaan fitur ini:

  1. Membuat Pertanyaan: (a) Buat pertanyaan yang relevan dengan materi yang telah Anda dapat menggunakan berbagai jenis pertanyaan, seperti pilihan ganda, isian singkat, atau pertanyaan esai; (b) Pastikan pertanyaan menguji pemahaman Siswa terhadap konsep-konsep kunci pelajaran.
  2. Menggunakan Komentar: (a) Setelah Siswa menjawab pertanyaan, Anda dapat memberikan komentar sebagai tanggapan; (b) Komentar dapat berupa kritik konstruktif, saran, atau apresiasi terhadap jawaban Siswa; (c) Jika ada kesalahan dalam jawaban, berikan penjelasan mengapa jawaban tersebut salah dan bagaimana Siswa dapat
  3. Mendorong Diskusi Antar Siswa: (a) Fitur pertanyaan di Google Classroom memungkinkan Siswa untuk melihat jawaban teman sekelas; (b) Anda dapat mendorong Siswa untuk saling berkomentar pada jawaban teman mereka; (c) Diskusi ini dapat membantu Siswa memahami berbagai sudut pandang dan memperkaya pemahaman mereka tentang
  4. Menggunakan Komentar untuk Asesmen: (a) Selain memberikan komentar pada jawaban Siswa, Anda juga dapat menggunakan komentar sebagai alat asesmen; (b) Berikan nilai atau penilaian pada setiap jawaban, dan jelaskan mengapa Siswa mendapatkan nilai tersebut; (b) Komentar yang konstruktif akan membantu Siswa memahami kekuatan dan kelemahan
  5. Mengapresiasi Usaha Siswa: (a) Jangan lupa memberikan apresiasi pada Siswa yang telah berusaha menjawab pertanyaan dengan baik; (b) Apresiasi dapat berupa kata-kata positif atau pujian atas usaha

Perlu disadari bahwa fitur pertanyaan di Google Classroom bukan hanya alat untuk mengukur pengetahuan Siswa, tetapi juga sebagai sarana untuk membantu mereka belajar dan berkembang. Dengan memberikan komentar yang baik, Anda dapat memotivasi Siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Suhermawan, S.Pd., Guru Mapel Bahasa Inggris

Editor: Tim Humas dan Literasi

Artikel ini memiliki

4 Komentar

Helmi Yuhdana H
Rabu, 15 Mei 2024

Ngerrriiiiihhhh sekali pak WaOne

Balas
ferdi
Rabu, 15 Mei 2024

alhamdulillah menginspirasi kami

Balas
Elmina Ita Kusuma Wardani
Rabu, 15 Mei 2024

Mantap…e

Balas
Suparman, S.Pd
Jumat, 17 Mei 2024

Inspiratif dan joss Pak Wawan

Balas

Beri Komentar