Info Sekolah
Minggu, 19 Mei 2024
  • Keluarga Besar SMKN 10 Semarang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H #SMKN 10 Semarang lolos SMK Pusat Keunggulan Reguler Lanjutan tahun 2024

Pengenalan Karir Di Bidang Maritim Pada Siswa Smk Nautika Kapal Niaga

Diterbitkan :

Pengenalan karir yaitu proses pemberian pengetahuan tentang berbagai macam karir atau pekerjaan serta upaya menanamkan sikap positif terhadap semua pekerjaan yang ada di sekitar lingkungan anak. Peluang karir di negara kita yang masih terbuka luas antara lain di bidang maritim. Potensi Indonesia di bidang maritim begitu besar terdiri dari sumber daya alam dan letak yang strategis. Potensi yang dapat dioptimalkan yaitu bidang perikanan, transportasi laut, wisata bahari, wilayah pesisir, pembangunan industri jasa maritim, dan miyak bumi.

Pentingnya pengenalan karir di bidang maritim pada Siswa yaitu sebagai upaya sedini mungkin menumbuhkan  kecintaan dan kebanggaan potensi kelautan Indonesia. Siswa dipersiapkan sebagai tenaga kerja yang berkompeten di industri maritim. Sumber daya manusia yang mampu mengelola budaya, iptek, ekonomi perikanan, pariwisata, pelayaran, mengelola wilayah laut, hingga kelak anak-anak mampu mewujudkan negara kepulauan yang maju dan makmur. Selain itu, Siswa juga perlu memperkuat kemitraannya dengan  industri maritim. Hal ini dapat dilakukan  melalui kegiatan magang atau kerja praktik, seminar atau pelatihan, atau kerjasama proyek dengan perusahaan maritim. Dengan demikian, Siswa dapat mengenal dan memahami lebih dalam tentang dunia kerja maritim serta memperoleh pengalaman kerja yang berharga.

Upaya pengenalan karir di bidang maritim pada Siswa dapat dilakukan dengan cara sederhana antara lain yaitu dengan menanamkan cinta laut, pengenalan biota laut, ekosistem peraiaran dan tempat hidup biota laut. Memberi pemahaman untuk tidak buang sampah sembarangan. Siswa diajak melakukan studi wisata ke pelabuhan. Menjelaskan fungsi pelabuhan tidak sekedar tempat dilakukannya bongkar-muat barang, maupun naik turunnya penumpang kapal namun juga memiliki peran penting dalam perekonomian suatu daerah dan negara.

Pelayaran memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk calon tenaga kerja handal di sektor maritim. Industri maritim sendiri merupakan industri yang sangat strategis dan vital bagi negara Indonesia karena melibatkan berbagai aspek kegiatan ekonomi dan keamanan nasional. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas pendidikan Siswa sangat diperlukan untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam dunia kerja maritim yang semakin kompetitif.

Alumni pelayaran niaga yang berkualitas dan memiliki kapasitas yang mumpuni, menguasai administrasi dan tata kelola organisasi pelayaran, koordinasi bisnis transportasi yang baik dan promosi bisnis transportasi, tentu saja dapat melakukan kemajuan besar di pelayaran  nasional sebagai pengontrol kerangka kerja di pekerjaan bidang kemaritiman. Berikut beberapa peluang atau prospek perkembangan pekerjaan tamatan pelayaran: Nahkoda, Pegawai Kementerian Kelautan Dan Perikanan , Pembuat Hukum Regulasi dan Transportasi laut, Bekerja Di Perusahaan Pelayaran, Perusahaan Minyak Dan Gas Bumi,  Industri Manufaktur, Tenaga Tutor/ Pengajar, TNI, Polisi, Basarnas, Perhubungan Laut Wiraswasta dan lain-lain.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Tutik Wulan Sari, A.Md, ANT III., Guru Produktif Nautika Kapal Niaga

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Muslim Anwar
Rabu, 27 Sep 2023

Mantap dan luar biasa Bu Tutik artikelnya. Semoga bermanfaat.

Balas
Dra. Sami
Kamis, 28 Sep 2023

Sangat mengispirasi pada siswa

Balas

Beri Komentar