Info Sekolah
Sabtu, 22 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Penerapan Chunking Strategy dalam Presentasi Lisan Bahasa Inggris Materi Teks Deskripsi

Diterbitkan :

Teks deskripsi adalah jenis teks yang berisi gambaran atau penjelasan tentang suatu objek, tempat, atau orang. Kemampuan mempresentasikan teks deskripsi secara lisan merupakan salah satu keterampilan yang penting bagi siswa, terutama siswa SMK. Namun pada kenyataannya, siswa masih sering merasa kesulitan dalam melakukan presentasi, terlebih dalam bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Salah satu strategi yang dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan presentasi lisan teks deskripsi adalah Chunking Strategy.

Chunking Strategy adalah strategi pembelajaran yang memecah materi pelajaran menjadi bagian-bagian kecil atau “chunk” sehingga lebih mudah dipahami dan diingat. Strategi ini dapat membantu siswa memahami teks deskripsi dengan lebih baik karena mereka dapat memecah teks menjadi bagian-bagian kecil dan memfokuskan perhatian pada setiap bagian. Dengan demikian, siswa dapat lebih mudah mengidentifikasi informasi penting dalam teks dan mengorganisasikan informasi tersebut dalam presentasi lisan.

Langkah pertama, dalam menerapkan Chunking strategy dalam presentasi lisan teks deskripsi adalah dengan membaca teks secara keseluruhan terlebih dahulu. Teks deskripsi yang telah disusun siswa secara tertulis dibaca secara keseluruhan untuk memberikan gambaran umum tentang isi teks. Langkah kedua, adalah membagi teks menjadi bagian-bagian kecil (chunk), misalnya dibagi per kalimat/ ide pokok yang sama. Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi informasi penting/inti kalimat yang terdapat dalam setiap ‘chunk’. Hal yang dilakukan berikutnya adalah mengorganisasikan informasi yang telah diidentifikasi ke dalam presentasi lisan. Perlu diingat bahwa dalam langkah ini, siswa tidak semata-mata menghafalkan ‘chunk’ (kalimat) yang telah dibuat, tapi mencoba memahami inti kalimat (chunk) yang ada, sehingga kalimat yang dipresentasikan secara lisan nanti bias jadi sedikit berbeda dengan apa yang telah mereka susun secara tertulis, namun tetap memiliki ide pokok kalimat yang sama. Kemudian langkah yang terakhir adalah melakukan presentasi secara lisan dengan menggunakan informasi yang telah diorganisasikan.

Dalam penerapannya di kelas penulis, Chunking Strategy telah terbukti cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan memahami dan melakukan presentasi lisan, teks Bahasa Inggris pada siswa SMK, khusunya pada materi teks deskripsi kelas 10. Adapun teks deskripsi yang dimaksud adalah teks deskripsi dengan tema atlet idola. Peserta Didik pertama-tama membuat draft informasi terkai tatlet idola mereka masing-masing. Draft ini dibuat dalam bentuk kalimat-kalimat terpisah yang diberi nomor secara berurutan. Peserta Didik lalu menentukan kata-kata kunci yang dianggap penting dalam kalimat-kalimat deskriptif tersebut. Kemudian, dengan strategy ‘chunking’ ini, Peserta Didik berlatih untuk memahami dan mempresentasikan kembali kalimat-kalimat tersebut tanpa catatan teks. Hasil dari penerapan strategy initerbukti sangat memuaskan karena sebagian besar Peserta Didik dapat melakukan presentasi lisan dengan lancer tanpa ada ‘pausing’ yang terlalu lama, setelah diberi waktu yang cukup untuk persiapannya. Karena itu, mengingat pentingnya kemampuan presentasi lisan, diharapkan strategi ‘chunking’ ini juga dapat diterapkan pada materi pembelajaran lain, bahkan pada mata pelajaran yang lainnya.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Susanti, S.Pd., Guru Mapel Bahasa Inggris

Editor: Tim Humas dan Literasi

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Suparman, S.Pd
Selasa, 21 Mei 2024

Metode dan strategi pembelajaran yang keren Bu

Balas
Antar Subandono
Selasa, 21 Mei 2024

Metode belajar yg sangat inovatif.

Balas
Johan h
Senin, 3 Jun 2024

Literasi yang menginspirasi

Balas

Beri Komentar