Info Sekolah
Selasa, 18 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Manfaat Matematika dalam Kehidupan Manusia

Diterbitkan :

Tanpa disadari dan tidak dapat disangka hampir semua aktivitas sehari – hari melibatkan konsep matematika baik dari menabung, membangun rumah/gedung, bermain game, transaksi jual/beli, perjalanan (mengukur jarak dan kecepatan), atau bahkan melihat/menghitung waktu. Maka dari itu matematika penting bagi kita, menguasai matematika untuk meraih kesuksesan dan dituntut untuk menyelesaikan masalah dengan benar. Bayangkan gimana rasanya kalau kita tidak bisa matematika mungkin pekerjaan apa pun akan sulit dan usaha apa pun akan kacau balau.

Matematika banyak memiliki manfaat bagi kehidupan manusia dan merupakan mata pelajaran yang mengajarkan kita, diantaranya: 1) melatih disiplin, kesabaran; 2) membuka pintu gerbang ke hampir semua bidang sains dan teknik; 3) membantu dalam memahami pendapatan dan pengeluaran; bahkan 4) menjadi kunci penting dalam pemahaman keuangan terutama statistik, grafik, trending, analisis maju atau mundur. Dengan pengetahuan matematika yang baik, kita bisa melacak dan meminimalkan resiko masalah keuangan.

Sayangnya banyak orang merasa bahwa matematika adalah pelajaran yang menakutkan karena sulit mempelajarinya. Padahal bila kita mengenal matematika dengan baik, maka kita juga bisa bersahabat dengan matematika. Cara kita menyukai matematika adalah dengan menetahui cara cepat belajar matematika.

Matematika dalam kehidupan bisnis digunakan sebagai alat untuk menyederhanaan penyajian dan pemahaman masalah penggunaan bahasa matematika, sehingga masalah yang ada dalam dunia bisnis mudah dipahami, dianalisis, dan dipecahkan.

Dengan berangkat dari matematika selanjutnya kita akan memahami segalanya, mulai dari yang paling sederhana seperti penjumlahan, pengurangan hingga pada level dunia keuangan yang dapat mendatangkan keuntungan diluar dugaan kita.

SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia

Penulis: Aprilia Dwi Asriani, S.Pd., Guru Mapel Matematika SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar