Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Efektivitas Canva Untuk Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris

Diterbitkan :

Dinamika perubahan perubahan kurikulum saat ini mengharuskan guru memiliki peran ganda; tugas, kompetensi, dan tanggung jawab dalam rangka menciptakan lingkungan belajar mengajar interaktif yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Berkenaan dengan pembelajaran, guru diharapkan dap PENGGUNAAN at meningkatkan kesempatan belajar bagi siswanya sekaligus meningkatkan kualitas pengajarannya secara signifikan agar memberikan dampak sebesar mungkin bagi pengembangan kompetensi siswa. Tujuannya adalah agar teknologi mempermudah eksplorasi keterampilan, terutama dalam hal peningkatan kemampuan siswa yang sedang belajar bahasa asing. Siswa akan lebih kreatif dalam penggunaan media jika TIK digunakan sebagai alat pengajaran karena memberikan kesempatan kepada mereka untuk menganalisis dan memperoleh informasi.

Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pendidikan mengacu pada penggunaan komunikasi berbasis komputer yang tergabung dalam proses pembelajaran sehari-hari. Seiring dengan mempersiapkan siswa untuk era digital saat ini, guru dipandang sebagai pemain kunci dalam menggunakan TIK di kelas sehari-hari. Hal ini disebabkan kemampuan TIK untuk menyediakan lingkungan belajar mengajar yang dinamis dan proaktif. Sementara itu, tujuan integrasi TIK adalah untuk meningkatkan dan meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan efisiensi biaya penyampaian pengajaran kepada siswa, juga mengacu pada manfaat jaringan komunitas belajar untuk menghadapi tantangan globalisasi saat ini. Proses adopsi TIK bukanlah satu langkah tunggal, melainkan berkelanjutan dan merupakan langkah berkelanjutan yang mendukung penuh sumber belajar mengajar dan informasi.

Integrasi TIK dalam pendidikan secara umum berarti proses belajar mengajar berbasis teknologi yang erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi pembelajaran di sekolah. Karena siswa sudah familiar dengan teknologi dan mereka akan belajar lebih baik di lingkungan berbasis teknologi, masalah integrasi TIK di sekolah, terutama di kelas menjadi sangat penting. Hal ini dikarenakan, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan banyak memberikan kontribusi dalam aspek pedagogik dimana penerapan TIK akan mengarah pada pembelajaran yang efektif dengan bantuan dan dukungan elemen dan komponen TIK. Memang benar dikatakan bahwa hampir semua mata pelajaran mulai dari matematika, sains, bahasa, seni dan humaniora serta bidang-bidang kunci lainnya dapat dipelajari dengan lebih efektif melalui perangkat dan perangkat berbasis teknologi.

Selain itu, TIK memberikan bantuan dan dukungan pelengkap bagi guru dan siswa yang melibatkan pembelajaran berbantuan komputer yang efektif untuk memenuhi tujuan bantuan pembelajaran. Komputer dan teknologi tidak bertindak sebagai alat pengganti bagi guru yang berkualitas tetapi dianggap sebagai pelengkap tambahan yang diperlukan untuk pengajaran dan pembelajaran yang lebih baik. Kebutuhan akan integrasi TIK dalam pendidikan sangatlah penting, karena dengan bantuan teknologi, proses belajar mengajar tidak hanya terjadi di lingkungan sekolah, tetapi juga dapat terjadi meskipun guru dan siswa secara fisik berjauhan. Namun, integrasi TIK bukanlah proses pembelajaran satu langkah, tetapi proses pembelajaran berkelanjutan yang menyediakan lingkungan belajar-mengajar yang proaktif.

TIK dapat digunakan dalam berbagai cara yang membantu guru dan siswa untuk belajar tentang bidang studi masing-masing. Pembelajaran berbasis teknologi menawarkan berbagai cara menarik yang meliputi video edukasi, stimulasi, penyimpanan data, penggunaan database, pemetaan pikiran, penemuan terbimbing, brainstorming, musik, World Wide Web (www) yang akan membuat proses pembelajaran lebih memuaskan. dan bermakna. Di sisi lain, siswa akan mendapat manfaat dari integrasi TIK di mana mereka tidak terikat pada kurikulum dan sumber daya yang terbatas, melainkan aktivitas langsung dalam kursus berbasis teknologi yang dirancang untuk membantu mereka merangsang pemahaman mereka tentang mata pelajaran tersebut. Ini juga membantu guru untuk merancang rencana pelajaran mereka dengan pendekatan yang efektif, kreatif, dan menarik yang akan menghasilkan pembelajaran siswa yang aktif.

Salah satu media terbaru adalah ‘Canva for Education’. Canva adalah situs web alat desain grafis; media teknologi visual dengan format drag-and-drop dan menyediakan akses ke lebih dari satu juta foto, grafik, dan font. Ini menyediakan jutaan gambar gratis, filter foto, ikon dan bentuk, dan ratusan font (Canva, n.d.). Canva sebagai website merupakan salah satu sumber media visual yang dapat digunakan sebagai jendela ke dunia luar kelas bahasa yang lebih luas dan tentunya kumpulan materi otentik yang mudah diakses (Yundayani et al., 2019). Sedangkan peneliti lain menyatakan bahwa Canva adalah program desain online yang menyediakan berbagai perlengkapan seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, infografis, spanduk, bookmark, buletin, dll dan di Canva kita juga bisa membuat Sebuah presentasi. Jenis-jenis presentasi yang tersedia di Canva, seperti presentasi kreatif, pendidikan, bisnis, periklanan, teknologi, dan sebagainya.

Media pembelajaran diyakini sebagai bagian penting dari pembelajaran, pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh pengetahuan, menguasai kompetensi tertentu dan membentuk sikap siswa. Tujuan tercapainya pembelajaran adalah mampu menambah wawasan dan membentuk karakter peserta didik. Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari penggunaan media pembelajaran yang diberikan. Media pembelajaran yang digunakan secara tepat dalam proses pembelajaran akan lebih efektif dan dapat menjadi alat pendukung yang efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Puspitarini, (2019) metode mengajar adalah cara yang digunakan oleh setiap guru dalam berinteraksi dengan siswa selama pembelajaran berlangsung. Untuk itu, keberadaan media pembelajaran dalam metode pembelajaran dapat memudahkan komunikasi antara guru dan siswa.

Aplikasi Canva memiliki desain yang menarik, dengan fitur yang mudah diakses dengan smartphone atau laptop sehingga dapat meningkatkan kreatifitas guru dan siswa dalam mendesain media pembelajaran, selain itu aplikasi ini sangat menghemat waktu dalam mendesain media pembelajaran. Senada dengan peneliti lain yang menyatakan manfaat penerapan aplikasi Canva, misalnya (1) Memiliki berbagai desain yang menarik; (2) Siap mengembangkan imajinasi pendidik dan peserta didik dalam merancang media pembelajaran mengingat banyaknya unsur yang telah diberikan; (3) Tidak membutuhkan banyak waktu atau waktu dalam proses desain; dan (4) Dalam mendesain tidak harus menggunakan PC, tetapi dapat dilakukan melalui gadget.

Modul pembelajaran berbasis media canva digunakan untuk menarik minat siswa untuk belajar. Guru dapat menggunakan Modul ini untuk mengajar siswa karena dianggap sebagai salah satu strategi pembelajaran yang inovatif. Canva dapat diintegrasikan untuk mempromosikan pembelajaran. Smaldino et al, (2015) menyatakan bahwa visual di dalam kelas, termasuk Canva, dapat berfungsi ganda, seperti; 1) membuat ide-ide abstrak menjadi konkret; 2) untuk memotivasi siswa; 3) memberikan perhatian langsung; 4) untuk mengulang informasi; 5) untuk mengingat pengetahuan sebelumnya; dan 6) mengurangi upaya belajar. Penggunaan media canva dalam pembelajaran diharapkan dapat menambah inovasi dan pengalaman belajar khususnya dalam pembelajaran bahasa. Oleh karena itu, dengan mengimplementasikan media canva diharapkan siswa dapat mengingat materi dengan mudah.

Fungsi pelengkap canva adalah (1) Canva memudahkan guru untuk membuat media pembelajaran, (2) Aplikasi Canva Meningkatkan proses pembelajaran online. Fungsi pengganti canva adalah (1) Aplikasi Canva Meningkatkan media pembelajaran secara efektif, (2) Media pembelajaran Canva mudah didistribusikan kepada siswa (3) Aplikasi Canva dapat membantu kebutuhan teknologi. Itulah fungsi Canva yang didapatkan dalam penelitian ini. Berbeda dengan hasil penelitian ini dengan beberapa teori yang sudah ada bahwa penelitian ini menemukan jika minat guru dalam menggunakan Canva sebagai desain pembelajaran berada pada persentase yang sangat rendah. Tingkat bunga hanya 10%, hal ini disebabkan banyaknya aplikasi yang memberikan fasilitas yang sama dan mudah digunakan. Saat ini, media pembelajaran yang dibuat guru harus praktis dan tidak memberatkan semua kalangan. Sedangkan Canva merupakan aplikasi kelas atas sehingga hanya orang dan guru tertentu saja yang bisa mempraktekkannya.

Dapat disimpulkan bahwa aplikasi Canva sangat bermanfaat dan membantu bagi sebagian orang yang memang menguasai teknologi. Sedangkan untuk guru yang awam tentang teknologi yang hanya mengenal power point dan web saja sulit dijangkau tanpa membayar.

โ€œSMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesiaโ€

Penulis: Dwi Palupi Widyasari, S.Pd, M.Si., Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Editor: Tim Humas dan Literasi

Artikel ini memiliki

19 Komentar

Susanti
Selasa, 9 Jul 2024

Canva is very helpful for learning activities, indeed๐Ÿ‘

Balas
Andi Tri Cahyono
Selasa, 9 Jul 2024

Luar biasa bu

Balas
Muslim Anwar
Selasa, 9 Jul 2024

Mantap dan luar biasa. Semoga berkah dan bermanfaat.

Balas
Muslim Anwar
Selasa, 9 Jul 2024

Mantap dan luar biasa.

Balas
Dra.Warni
Selasa, 9 Jul 2024

Semoga menginspirasi utk pembelajaran di SMKN 10 Semarang

Balas
maskur
Selasa, 9 Jul 2024

Alhamdulillah

Balas
Yusuf Trisnawan
Selasa, 9 Jul 2024

Bu palupi keren ๐Ÿ‘

Balas
Johan h
Selasa, 9 Jul 2024

Semangat literasi memberi manfaat dan menginspirasi

Balas
Nindar
Selasa, 9 Jul 2024

Menginspirasi

Balas
Suginah
Selasa, 9 Jul 2024

Mantan dan luar ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas
Sami
Selasa, 9 Jul 2024

Luar biasa mantap bu Palupi keren

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Selasa, 9 Jul 2024

Mantap.

Balas
Selasa, 9 Jul 2024

Efektifitas Canva untuk menunjang pembelajatan bahasa inggris.. jos manteb banget..

Balas
Lestari
Selasa, 9 Jul 2024

Luarbiasa

Balas
Hesti S
Selasa, 9 Jul 2024

Mantap dan luar biasa

Balas
Elmina Ita Kusuma Wardani
Selasa, 9 Jul 2024

Yess….okey Mrs Palupi

Balas
Af'idatin
Selasa, 9 Jul 2024

Bu palupi keren ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Balas
Suparman, S.Pd
Rabu, 10 Jul 2024

Pembelajaran yang keren,,,Bu Palupi๐Ÿ‘

Balas
Af'idatin
Rabu, 10 Jul 2024

Good ๐Ÿ‘

Balas

Beri Komentar