Info Sekolah
Jumat, 22 Nov 2024
  • Guru SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru Inovatif dan Dedikatif Tingkat Jawa Tengah ##SMKN 10 Semarang Juara 3 Jambore GTK Hebat 2024 Kategori Kepala SMK Inovatif

Disrupsi AI dalam Pembelajaran Pemrograman di SMK Konsentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

Diterbitkan :

Artificial intelligence (AI) telah menjadi tren teknologi yang semakin berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. AI telah merevolusi berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Dalam bidang pendidikan, AI memiliki potensi untuk mendisrupsi pembelajaran pemrograman di SMK konsentrasi keahlian rekayasa perangkat lunak.

Salah satu potensi disrupsi AI dalam pembelajaran pemrograman di SMK adalah peningkatan efektivitas pembelajaran. AI dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran yang lebih personal dan adaptif kepada setiap siswa. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan AI untuk memantau kemajuan belajar siswa dan memberikan umpan balik yang tepat waktu.

Potensi disrupsi AI lainnya adalah peningkatan efisiensi pembelajaran. AI dapat digunakan untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang tidak perlu dilakukan oleh manusia, seperti pemberian kuis dan penilaian. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga guru, sehingga mereka dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih penting, seperti membimbing siswa dalam proses pembelajaran.

Selain itu, AI juga dapat digunakan untuk membuka akses pembelajaran pemrograman kepada lebih banyak siswa. AI dapat digunakan untuk membuat materi pembelajaran yang lebih menarik dan mudah diakses, sehingga siswa dari berbagai latar belakang dapat mengikuti pembelajaran pemrograman.

Meskipun memiliki potensi disrupsi yang besar, AI juga memiliki beberapa tantangan yang perlu dipertimbangkan. Salah satu tantangan tersebut adalah biaya penerapan AI dalam pembelajaran. AI merupakan teknologi yang kompleks dan membutuhkan biaya yang cukup besar untuk diterapkan.

Tantangan lainnya adalah kesiapan guru untuk menggunakan AI dalam pembelajaran. Guru perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan AI secara efektif.

Meskipun memiliki tantangan, potensi disrupsi AI dalam pembelajaran pemrograman di SMK sangatlah besar. AI dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan aksesibilitas pembelajaran pemrograman. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, penerapan AI dalam pembelajaran pemrograman dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa dan guru.

Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk penerapan AI dalam pembelajaran pemrograman di SMK:

  1. Mulailah dengan penerapan AI secara bertahap. Jangan mencoba menerapkan AI secara menyeluruh dalam satu waktu. Mulailah dengan menerapkan AI pada beberapa aspek pembelajaran, seperti pemberian kuis atau penilaian.
  2. Berikan pelatihan kepada guru tentang cara menggunakan AI. Guru perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menggunakan AI secara efektif.
  3. Kolaborasi dengan pakar AI. Kolaborasi dengan pakar AI dapat membantu sekolah dalam menerapkan AI secara efektif.

Dengan menerapkan rekomendasi-rekomendasi tersebut, sekolah dapat memanfaatkan potensi disrupsi AI dalam pembelajaran pemrograman untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Sonalita Wiguna, S.Pd., Guru Produktif Rekayasa Perangkat Lunak

Editor: Tim Humas dan Literasi

Artikel ini memiliki

6 Komentar

Suparman, S.Pd
Senin, 13 Mei 2024

Mantap

Balas
Elmina Ita Kusuma Wardani
Senin, 13 Mei 2024

Okey

Balas
Helmi Yuhdana H
Senin, 13 Mei 2024

Kereennn

Balas
Ferdi
Senin, 13 Mei 2024

Menginspirasi kami pak son

Balas
Aris Guntoro
Senin, 13 Mei 2024

Bapak keren banget 😱

Balas
Andhika Wildan Krisnamurti
Selasa, 14 Mei 2024

Mantap, Pak Son.

Balas

Beri Komentar