Info Sekolah
Jumat, 23 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Berbakti Kepada Orang Tua: Pesan Penting dalam Khotbah Sholat Jum’at di SMKN 10 Semarang

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kerohanian

Jum’at, 3 Maret 2023 – SMKN 10 Semarang menyelenggarakan sholat Jum’at yang diadakan di aula sekolah. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa, bapak guru dan karyawan SMKN 10 Semarang. Khotib pada kesempatan ini adalah kepala SMKN 10 Semarang Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd. yang memilih judul khotbah “Berbakti Kepada Orang Tua”. 

Dalam khotbahnya, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd. mengingatkan para jamaah bahwa salah satu amalan terbaik yang pernah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW adalah berbakti kepada orang tua. Beliau menekankan pentingnya berbakti kepada orang tua karena amalan ini akan mendatangkan keberkahan dan ridha Allah SWT.

Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd. mengutip sebuah hadis yang menceritakan tatkala ada seorang sahabat bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT, maka Nabi Muhammad SAW menjawab,

الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا، ثُمَّ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ، ثُمَّ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ

“Salat pada waktunya, kemudian berbakti kepada kedua orang tua, kemudian jihad di jalan Allah.” Dari hadis ini, kita bisa memahami bahwa berbakti kepada orang tua adalah amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

Para siswa diingatkan bahwa berbakti kepada orang tua bukan hanya dengan memberikan uang atau barang yang diinginkan, tetapi juga dengan memberikan perhatian dan kasih sayang kepada mereka. Selain itu, siswa juga harus menjaga nama baik keluarga dan mematuhi segala perintah yang diberikan oleh orang tua.
Khotbah yang disampaikan oleh Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd. ini sangat menginspirasi para jamaah, terutama para siswa di SMKN 10 Semarang. Para siswa diingatkan kembali akan pentingnya berbakti kepada orang tua dan bagaimana cara berbakti kepada orang tua yang benar. Semoga setelah mendengarkan khotbah ini, para siswa dapat lebih memperhatikan dan menghormati orang tua serta menjaga nama baik keluarga.

Dalam kesimpulannya, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd. menegaskan bahwa berbakti kepada orang tua adalah suatu amalan yang sangat penting dan mulia. Kita sebagai seorang muslim harus selalu berusaha untuk memenuhi kewajiban kita sebagai anak yang berbakti kepada orang tua. Dengan berbakti, kita tidak hanya mendapat keridhaan Allah SWT, tetapi juga berbagai keberkahan yang akan membawa kebahagiaan dan keberhasilan dalam hidup kita.

Penulis: Anni Rahayuningsih, S.Hum., Tenaga Perpustakaan SMKN 10 Semarang
Editor  : Tim Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar