Info Sekolah
Selasa, 18 Jun 2024
  • SMKN 10 Semarang siap menerima siswa baru dengan delapan jurusan sebanyak 540 siswa#SMKN 10 Semarang membuka jurusan baru Manajemen Logistik

Belajar Pembelajaran Berdiferensiasi Bersama BBPPMPV BMTI

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Guru dan TU / Instansi

Tidak terasa Pelatihan Manajerial Kepala Sekolah bersama BBPPMPV BMTI memasuki hari keempat. Materi hari Kamis, 11 Agustus 2022 adalah Pembelajaran Berdiferensiasi. Hal baru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Narasumber dari BBPPMPV Cimahi yang dihadirkan adalah Ibu Rr. Endah Yanuarti, M.Pd, Ph.D. Beliau adalah Widyaiswara Ahli Madya BBPPMPV BMTI lulusan Magister dari Curtin University. Kurang lebih tiga jam beliau memaparkan materi ini dengan menarik. Oleh-oleh materi ini akan saya imbaskan ke guru di SMKN 10 Semarang dan guru sekolah lain yang berminat. Sesuai komitmen saya berbagi itu indah, mudah dan menyenangkan.

Dalam paparannya, narasumber mengutip Tomlinson (2000), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Pembelajaran berdiferensiasi juga adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan yang dibuat adalah yang terkait dengan, (1) kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, (2) bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya, (3) bagaimana mereka menciptakan lingkungan belajar yang “mengundang’ murid untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar, (4) manajemen kelas yang efektif, (5) penilaian berkelanjutan.

Kepala SMKN 10 Semarang sebagai salah satu peserta pelatihan sangat senang mendapatkan materi baru ini.

“Sesuatu yang menarik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka yang sedang kita jalankan untuk kelas X. Karena hal yang baru masih perlu pendalaman untuk menguasainya”. Ujar Ardan Sirodjuddin.

Penulis : Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar