Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Belajar Manajemen Strategik Bersama BBPPMPV BMTI Kemendikbud Ristek

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Guru dan TU / Instansi

Masih bersama dengan BBPPMPV BMTI Cimahi, Kepala SMKN 10 Semarang semangat untuk belajar manajerial dalam mengelola sekolah. Materi hari ini Jumat, 12 Agustus 2022 bersama narasumber Dr. Dani Hidayatullah, S.Pd MT belajar tentang Kapabilitas Manajerial Berbasis Industri. Sesi kedua belajar Manajemen Strategik (Manstra).

Mengutip pendapat narasumber pelatihan yaitu Bapak Dr. Dani Hidayatullah, S.Pd MT, Manajemen Stratejik (Manstra) adalah ilmu dan seni yang dimulai dengan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi keputusan-keputusan dalam fungsi manajemen yang mendukung suatu organisasi  mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Manajemen Strategis meliputi tiga hal yaitu yang pertama keputusan dilanjutkan dengan tindakan menuju strategi. Yang kedua perencanaan berskala besar, dan yang terakhir evaluasi dan kendali. Dalam memahami Manstra, kita harus tahu dimensinya, meliputi (1) Waktu & Orientasi Masa Depan, (2) Internal dan Eksternal, (3) Pendayagunaan Sumber-sumber, (4) Partisipasi Manajemen Puncak, dan (5) Multi Bidang.

Penulis : Ardan Sirodjuddin, Kepala SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar