Info Sekolah
Rabu, 28 Feb 2024
  • SMKN 10 Semarang Meraih Juara 2 Lomba Inovasi Sekolah Tahun 2023

Antusiasme Bela Negara Generasi Muda Bergabung Menjadi KOMCAD

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Instansi

Kementerian Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia melalui UU No. 23 Tahun 2019 menjelaskan tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Hanneg Melalui Pembentukan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2022. Komponen Cadangan (KOMCAD) diselenggarakan oleh Menhan melalui seluruh Matra TNI RI, yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Program KOMCAD Menhan merupakan program pelatihan ketahanan dan bela Negara oleh Warga Negara RI yang merupakan sumber daya Nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

Pada kesempatan sosialisasi KOMCAD untuk Siswa SMK Negeri 10 Semarang, telah hadir Bp. Letda. Tugimin dari Matra TNI AL sebagai Narasumber, pada hari Senin, 14 Maret 2022. “Dengan mengikuti KOMCAD, selain memiliki fisik yang terlatih, sehat, dan kuat, Siswa akan memiliki karakter yang disiplin, bertanggung jawab, hormat kepada pemimpin, dan cinta tanah air”, demikian pemaparan Bp. Letda. Tugimin yang memotivasi seluruh Siswa yang hadir.

Beliau menambahkan bahwa KOMCAD bukan merupakan program wajib militer, tetapi sebuah pasukan cadangan militer, dimana setiap Warga Negara yang berusia 18-35 tahun dan terpanggil untuk bergabung secara sukarela melalui seleksi yang telah ditetapkan. Program KOMCAD terbuka untuk seluruh Warga Negara RI dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan mulai dari Siswa, Mahasiswa, Karyawan, Pengusaha, bahkan Pegawai ASN/PNS. Setiap Peserta KOMCAD yang telah diterima, dijamin tidak kehilangan profesi nya semula. Karena setelah menuntaskan pendidikan dan pelatihan sebagai Pasukan KOMCAD, sehingga dapat kembali bekerja sesuai dengan profesi semula masing-masing.

Antusiasme Siswa begitu besar selama mendengarkan pemaparan setiap materi yang disampaikan oleh Narasumber. “Siswa SMK Negeri 10 Semarang yang telah berusia 18 tahun silahkan mendaftar dan mengikuti pelatihan KOMCAD. Pada tahun anggaran 2022, khusus untuk Pulau Jawa, pendaftaran melalui Matra TNI AL dan AU. Sedangkan di luar Pulau Jawa, pendaftaran melalui Matra TNI AD”, demikian tambahan yang disampaikan oleh Bp. Letda. Tugimin, semakin menyemangati Siswa yang hadir. Ternyata, kesungguhan dan tekad dari Siswa untuk mengikuti Program KOMCAD terbukti dengan adanya sebagian Siswa yang telah mendaftar langsung via online. Luar biasa.

Untuk informasi dan pendaftaran calon KOMCAD dapat melalui website dan aplikasi mobile untuk memudahkan masyarakat dalam proses pendaftaran, yaitu: https://komcad.kemhan.go.id dan nomor WA 0899-0170-845.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Tim Humas SMKN 10 Semarang

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar