Info Sekolah
Jumat, 22 Nov 2024
  • Guru SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru Inovatif dan Dedikatif Tingkat Jawa Tengah ##SMKN 10 Semarang Juara 3 Jambore GTK Hebat 2024 Kategori Kepala SMK Inovatif

Pembelajaran GuidedInquiry Membantu Belajar Matematika Siswa SMK

Diterbitkan :

Satu kata yang terlintas saat kita membayangkan matematika adalah “sulit”. Ya, matematika dipandang mata pelajaran yang sulit bagi beberapa orang mungkin di antaranya adalah Siswa-siswi di SMK. Salah satu materi yang dirasa sulit oleh para Siswa adalah barisan deret. Pada materi ini kompetensi dasar yang harus dicapai adalah menganalisis barisan dan deret aritmetika/geometri serta menyelesaikan masalahkontekstual yang berkaitandengan barisan dan deret aritmetika/geometri.Dari data ujian nasional tahun 2019 untuk SMK rata-rata nasional nilai matematika masih rendah dengan nilai 39,57. Bahkan untuk daerah Jawa Tengah rata-ratanya lebih rendah lagi yaitu 35,26.Kemudian pada materi barisan dan deret terdapat dua indikator materi barisan dan deret. Dari kedua indikator tersebut rata-rata persentase Siswa menjawab benar adalah 29,5%.

Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan minat belajar Siswa sehingga prestasi matematika di sekolah dapat menjadi lebih baik adalah guidedinquiry. Kuhlthauetal. (2015:2) menyatakan bahwa inkuiri adalah pendekatan belajar di mana Siswa menemukan dan menggunakan berbagai sumber informasi dan ide untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang sebuah masalah, topik, atau isu. Dengan pembelajaran tersebut Siswa memperoleh kompetensi dengan dibimbing (guided) melalui proses inkuiri (inquiry) oleh guru.

Melalui guidedinquiry (inkuiri terbimbing) Siswa memperoleh kemampuan untuk menggunakan alat maupun sumber daya untuk belajar. Pada guidedinquirySiswa diarahkan untuk menanyakan secara runtut apa yang diketahui, apa yang ingin diketahui, bagaimana cara mengetahuinya, apa yang telah dipelajari, bagaimana cara menggunakan apa yang telah dipelajari, dan apa yang selanjutnya akan dilakukan. Pedasteetal. (2015:54)mengungkapkan lima langkah utama dalam pembelajaran tersebut adalah (1) orientation (orientasi), (2) conceptualization (konseptualisasi), yang terdiri dari questioning (menanyakan) dan hypothesisgeneration (pembuatan hipotesis), (3) investigation (investigasi), yang terdiri dari exploration (eksplorasi), experimentation (uji coba), dan data interpretation (interpretasi), (4) conclusion (kesimpulan), serta (5) discussion (diskusi), yang terdiri dari communication (komunikasi) dan reflection (refleksi).

Pada pembelajaran yang dilakukan di kelas XI RPL 2 SMK N 10 Semarang penulis mendapatkan hasil belajar Siswa yang baik untuk materi barisan dan deret. Hasil ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh (Sardin, 2015:198). Hal ini dimungkinkan karena pembelajaran guidedinquiry menekankan pada keterlibatan dan keaktifan Siswa (Purwasih, 2015:21). Dalam pembelajaran, Siswa dibimbing untuk menemukan konsep barisan dan deret yang sedang dipelajari. Pembelajaran dengan guidedinquiry mampu mengasah dan melatih keterampilan intelektual, berpikir kritis, dan mampu memecahkan masalah secara ilmiah (Gunur et al., 2019:38).   Guru bertugas sebagai fasilitator yang membimbing pemikiran Siswa untuk menyelesaikan masalah-masalah terkait barisan dan deret dari konsep yang Siswa peroleh (Sardin, 2015:198). Dari hasil bimbingan tersebut Siswa mampu menyimpulkan konsep barisan dan deret sehingga bisa menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi tersebut. Pada keseluruhan proses pembelajaran tersebut membantu Siswa menjadi pribadi yang mandiri dalam keterlibatannya secara aktif.

Pembelajaran guidedinquirybisa dijadikan salah satu alternatif Ibu/Bapak Guru untuk mengajar materi barisan dan deret. Pembelajaran tersebut dapat memantik keterlibatan aktif Siswa khususnya di SMK yang mempunyai karakteristik cukup berbeda dengan Siswa SMA.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Andhika Wildan Krisnamurti, S.Pd., Guru Mapel Matematika

Editor: Tim Humas

Artikel ini memiliki

39 Komentar

Digna Palupi
Rabu, 24 Mei 2023

Sip sungguh menginspirasi.👍👍

Balas
Ribka Trimuryani
Rabu, 24 Mei 2023

Terbukti siswanya semangat belajar matematika bersama pak guru yang masih muda dan berbakat.

Balas
Dra.Warni
Rabu, 24 Mei 2023

Guruguru SMKN10 Semarang semakin hebat.Keren banget.terus berkreasi melalui tulusan artikelnya.

Balas
ratna aulia kurnia santi
Rabu, 24 Mei 2023

good job pak👍

Balas
Nur Hidayah
Rabu, 24 Mei 2023

sangat membantu baju pembelajaran matematika

Balas
Nur Hidayah
Rabu, 24 Mei 2023

Keren

Balas
Ivander
Rabu, 24 Mei 2023

Hebatt🔥

Balas
Priya Chika Ramandani
Rabu, 24 Mei 2023

hebatt

Balas
Amanda Yogi Safitri
Rabu, 24 Mei 2023

Menambah motivasi pengetahuan saat mempelajari matematika, tegas, membantu

Balas
putri wulandari
Rabu, 24 Mei 2023

hebatt

Balas
syifa
Rabu, 24 Mei 2023

smkn 10 semarang hebat

Balas
M.Rizky Maulana
Rabu, 24 Mei 2023

Semoga SMK10 semakin hebat dan kerennn🔥🔥

Balas
Marshella Dwi pragati
Rabu, 24 Mei 2023

sangat hebatt

Balas
Naysheila adryana
Rabu, 24 Mei 2023

Hebat

Balas
Nanda
Rabu, 24 Mei 2023

luar biasa👍

Balas
Eka Ridianto
Rabu, 24 Mei 2023

Guruguru SMKN10 Semarang semakin hebat.Keren banget.terus berkreasi melalui tulusan artikelnya.

Balas
Santia Putri Sumarni
Rabu, 24 Mei 2023

Good job, matematika akan menyenangkan jika kita ingin berusaha dan mengubah kata “tidak bisa” menjadi bisa

Balas
marshella dwi pragati
Rabu, 24 Mei 2023

hebattt

Balas
Aprilia
Rabu, 24 Mei 2023

terus berkreasi melalui artikel yang dibuat

Balas
jovita
Rabu, 24 Mei 2023

keren

Balas
Faris zigo
Rabu, 24 Mei 2023

keren

Balas
Faris zigo
Rabu, 24 Mei 2023

bagus dan mantab

Balas
Alyaa
Rabu, 24 Mei 2023

Semakin hebat , terus berkreasi, semakin majuu

Balas
Rabu, 24 Mei 2023

Keren sangat bermanfaat

Balas
ARYA FATUROHMAN
Rabu, 24 Mei 2023

keren,luar biasa

Balas
Zahra aulia putri
Rabu, 24 Mei 2023

semoga SMK N 10 semakin hebat dan terus berkreasi.

Balas
Nagita Althafiani
Rabu, 24 Mei 2023

Tetap semangat dan semakin kreatif

Balas
Tita Adelia Yahya
Rabu, 24 Mei 2023

Tita Adelia Yahya
Artikel keren, terus berkreasi dan kembangkan imajinasi nya.

Balas
Dhemeytra Audya D
Rabu, 24 Mei 2023

semoga smkn 10 semakin sukses. aamiin

Balas
Idha Ayu Puspita
Rabu, 24 Mei 2023

berkreasi dan kreatif dalam mengajar

Balas
Nandita
Rabu, 24 Mei 2023

keren betull👍👍

Balas
Az Zahra Ismay
Rabu, 24 Mei 2023

mantapp👍bagus banget informasinyaa👍

Balas
Zakiyan Putra Syawaludin
Rabu, 24 Mei 2023

Guru SMKN 10 Semarang hebat hebatt🔥🔥👍🏼

Balas
M.ilham fatahillah
Rabu, 24 Mei 2023

Hebat

Balas
Listya Putri Ramadhany
Rabu, 24 Mei 2023

semangat dan terus berkreasi SMKN 10 Semarang

Balas
Rabu, 24 Mei 2023

Semoga SMK 10 Semakin Jaya dan dapat menampung keluh kesah dari siswa siswi SMK negeri 10 Semarang

Balas
aurora
Rabu, 24 Mei 2023

luar biasa dan kreatif, semoga SMK 10 makin maju.

Balas
Annisa Ramadhani
Rabu, 24 Mei 2023

Guru-gurunya hebat 👍

Balas
Annisa Ramadhani
Rabu, 24 Mei 2023

Guru-gurunya baik dan hebat 👍

Balas

Beri Komentar