Info Sekolah
Rabu, 30 Okt 2024
  • Guru PAI SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru PAI Berprestasi Kemenag Kota Semarang##SMKN 10 Semarang Juara 2 Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat Tk. Nasional

Informatika Mata Pelajaran Masa Depan yang Harus Dikuasai Semua Siswa di Era Digital

Diterbitkan :

Di tengah laju perkembangan teknologi yang semakin pesat, informatika telah menjadi salah satu mata pelajaran yang paling penting untuk dipelajari oleh generasi muda. Kemampuan memahami, memanfaatkan teknologi bukan lagi sebuah keahlian khusus, tetapi telah menjadi kebutuhan mendasar di hampir semua bidang kehidupan. Oleh karena itu, informatika kini dianggap sebagai mata pelajaran masa depan yang harus dikuasai oleh semua siswa. Mata Pelajaran informatika dapat mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di era digital, yaitu:

Pertama, Peran Informatika dalam Kehidupan Modern. Teknologi telah mengubah cara kita bekerja, belajar, berkomunikasi, dan cara kita menjalani kehidupan sehari-hari. Smartphone, komputer, internet, dan aplikasi digital telah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas harian kita. Memahami dasar-dasar informatika memungkinkan siswa untuk tidak hanya menjadi pengguna teknologi yang cerdas tetapi juga menjadi pencipta teknologi itu sendiri. Dalam dunia kerja, hampir semua profesi saat ini membutuhkan setidaknya pengetahuan dasar tentang teknologi. Pekerjaan di bidang perbankan, pemasaran, kesehatan, bahkan di industri kreatif, semuanya semakin bergantung pada alat-alat digital dan sistem berbasis data. Oleh karena itu, memahami informatika akan menjadi keterampilan yang sangat penting bagi siswa dalam menghadapi tuntutan pasar kerja di masa depan.

Kedua, Keterampilan yang Diajarkan dalam Informatika. Mata pelajaran informatika mencakup berbagai keterampilan yang sangat dibutuhkan di era modern. Di antaranya adalah: (1) Pemrograman: Siswa belajar cara membuat kode yang menjadi dasar pengembangan aplikasi, game, atau perangkat lunak. Dengan keterampilan pemrograman, siswa dapat menciptakan teknologi baru yang bermanfaat bagi masyarakat; (2) Berpikir Komputasional: Siswa dapat  berpikir logis dan sistematis dalam memecahkan masalah yang besar dan kompleks. Berpikir komputasional tidak hanya relevan dalam dunia teknologi tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai situasi di kehidupan sehari-hari; (3) Kecerdasan Buatan: Siswa diperkenalkan AI (Artificial Intelligence) yang telah menjadi bagian perkembangan teknologi yang kini telah merambah ke berbagai aspek dan dapat membantu pekerjaan pengguna; (4) Pengelolaan aplikasi perkantoran : Siswa diperkenalkan aplikasi Microsof word dan Microsoft Exel yang dipakai di perkantoran. Mempermudah pembuatan, pengeditan, dan penyimpanan dokumen seperti laporan, surat, atau memo. Fitur auto-correct, template, dan format yang beragam mempercepat proses penulisan. mempersingkat pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan data dan angka

Ketiga, Mempersiapkan Siswa untuk Masa Depan Karir. Siswa yang menguasai informatika juga memiliki peluang untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan menjadi wirausahawan di bidang teknologi. Pengembangan aplikasi, start-up teknologi, hingga platform e-commerce adalah contoh bagaimana informatika memungkinkan seseorang untuk menciptakan bisnis berbasis teknologi yang berdampak luas.

Keempat, Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Pembelajaran informatika mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis . Ketika memecahkan masalah dalam pemrograman, siswa harus berpikir secara logis, dan menemukan solusi yang paling efisien. Ini tidak hanya berguna dalam dunia teknologi, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, di mana siswa dihadapkan pada berbagai tantangan yang memerlukan kemampuan berpikir kritis.

Kelima, Mendorong Literasi Digital yang Inklusif. Informatika memainkan peran penting dalam memastikan literasi digital yang inklusif. Semua siswa, tanpa memandang latar belakang sosial atau ekonomi, harus memiliki akses yang sama terhadap pengetahuan teknologi. Dengan menjadikan informatika sebagai mata pelajaran yang wajib dikuasai, kita dapat mendorong kesetaraan kesempatan bagi semua siswa untuk berpartisipasi dalam ekonomi digital.

Kesimpulan

Informatika adalah mata pelajaran masa depan yang harus dikuasai oleh semua siswa. Di dunia yang semakin didominasi oleh teknologi, kemampuan untuk memahami dan menciptakan solusi teknologi Dengan menguasai informatika, siswa tidak hanya mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif, tetapi juga menjadi agen perubahan yang dapat menciptakan inovasi untuk mengatasi berbagai tantangan global. Memasukkan informatika dalam kurikulum pendidikan adalah langkah strategis untuk membentuk generasi yang siap menghadapi masa depan yang penuh dengan peluang dan tantangan.

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Endang Widayati, S.Kom., Gr., Guru MataPelajaran Informatika

Penyunting: Tim Humas dan Literasi

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Suparman, S.Pd
Rabu, 30 Okt 2024

Mantaaaps💯

Balas
Suparman, S.Pd
Rabu, 30 Okt 2024

Mantaaaps👍💯

Balas

Beri Komentar