Info Sekolah
Kamis, 24 Okt 2024
  • Guru PAI SMKN 10 Semarang Juara 1 Lomba Guru PAI Berprestasi Kemenag Kota Semarang##SMKN 10 Semarang Juara 2 Anugerah Sekolah Berbudaya Sehat Tk. Nasional

Menyisipkan Manfaat Pola Pikir Berkembang (Growth Mindset) pada Peserta Didik dalam pembelajaran sehari-hari

Diterbitkan :

Growth Mindset atau Pola Pikir Berkembang menawarkan berbagai manfaat pada proses pengembangan diri Peserta Didik. Secara umum, memiliki pola pikir ini dapat menghasilkan kepuasan lebih bagi kehidupan Peserta Didik dengan mencapai sesuatu. Adapun manfaat-manfaat lain dari memiliki Growth Mindset adalah: 

Pertama, Meningkatkan Harga Diri dan Kepercayaan Diri . Growth Mindset menumbuhkan pandangan realistis terhadap kemampuan dan kapabilitas Peserta Didik. Dengan mengetahui diri sendiri, seseorang akan merasa terdorong untuk membangun kekuatan dalam mengatasi kelemahannya yang berujung pada peningkatan harga diri dan kepercayaan diri. 

Kedua, Membangun Ketahanan Diri (Resilience). Orang dengan Growth Mindset cenderung lebih tangguh dalam menghadapi suatu kegagalan. Kegagalan bukan dipandang sebagai suatu keadaan permanen, melainkan sebagai kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri. 

Ketiga, Tertarik pada Tantangan. Pola pikir Growth Mindset melihat tantangan sebagai peluang untuk berkembang dan belajar, bukan sebagai hambatan. Tantangan dipandang sebagai kesempatan untuk keluar dari zona nyaman dan memperluas pengetahuan serta kemampuan Peserta Didik. 

Keempat, Menyebarkan Kreativitas dan Inovasi. Growth Mindset menumbuhkan pikiran untuk terbuka terhadap ide dan sudut pandang baru yang kemudian dapat memancing untuk mengeluarkan ide baru. Hal ini dapat mengarah pada solusi dan pendekatan inovatif terhadap masalah. 

Kelima, Mendatangkan Kesempatan Baru. Individu dengan Growth Mindset berusaha untuk menjadi lebih baik dengan memandang kehidupan sebagai proses pengembangan diri. Peserta Didik yang selalu ingin berkembang dapat memposisikan dirinya untuk mengenali dan meraih kesempatan baru. 

Keenam, Mudah Menerima Masukan. Pemikiran Growth Mindset memandang masukan (feedback) sebagai sarana perbaikan diri secara langsung, bukan sebagai serangan. Menerima masukan menjadi lebih bisa diterima karena hal tersebut yang menjadikan kita belajar untuk mengatasi kelemahan kita. 

Ketujuh, Meningkatkan Keinginan Belajar. Peserta Didik dengan Growth Mindset percaya bahwa pengembangan diri dapat diusahakan dengan ketekunan. Hal ini menjadikan individu lebih terbuka untuk mempelajari keterampilan baru dan memperoleh pengetahuan baru.   

“SMK Negeri 10 Semarang, dari Semarang untuk Indonesia”

Penulis: Dwi Annang Setyono, S. Pd., Guru Produktif Teknik Kendaraan Ringan

Penyunting: Tim Humas dan Literasi

Artikel ini memiliki

2 Komentar

Antar
Kamis, 24 Okt 2024

Ide yg sangat luar biasa

Balas
Helmi Yuhdana H., S.Pd., M.M.
Kamis, 24 Okt 2024

Mantaabbb’s

Balas

Beri Komentar